34 Provinsi di Indonesia Saat Ini

            Indonesia merupakan suatu negara yang sering – sering disebut dengan negara kepulauan. Hal tersebut dikarenakan negara Indonesia terdiri dari berbagai pulau. Ada lima pulau besar yang ada di Indonesia yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu masih banyak pulau – pulau kecil yang ada di negara ini yang menjadikannya sebuah negara kepulauan. Selain itu saat ini negara Indonesia memiliki 34 provinsi yang menyebar di seluruh pulau. Setiap provinsi yang ada di Indonesia memiliki Gubernur untuk memimpin provinsi tersebut. Mengingat Indonesia merupakan negara demokrasi sehingga gubernur tersebut akan dipilih oleh rakyatnya melalui pemilihan umum setiap lima tahun sekali. Provinsi – provinsi tersebut yaitu:

  1. Pulau Papua dan Kepulauan Maluku ada 4 provinsi yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.
  2. Kepulauan Nusa Tenggara dan Pulau Bali ada 3 provinsi yaitu Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Bali.
  3. Pulau Jawa ada 6 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten
  4. Pulau Sulawesi ada 6 provinsi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo.
  5. Pulau Kalimantan ada 5 provinsi yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.
  6. Pulau Sumatera ada 10 provinsi yaitu Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, Aceh, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Begitu banyak pulau dan provinsi yang ada di Indonesia yang tentunya setiap provinsi juga memiliki adat istiadat serta budaya masing – masing. Sehingga negara ini memiliki sikap toleransi yang begitu baik mengingat banyaknya perbedaan baik adat idstiadat, budaya, dan agama antar penduduk yang tinggal di negara ini. Selain itu banyaknya provinsi yang ada saat ini tidak akan menutup kemungkinan bahwa nantinya akan terus bertambah. Mengingat provinsi yang ada saat ini juga merupakan pertumbuhan dari provinsi Indonesia yang sebelumnya hanya 10 provinsi pada saat awal kemerdekaan Indonesia.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *