Anggota Panitia Sembilan

Sebagai bangsa Indonesia, kita harus paham betul mengenai sejarah negara kita, seperti salah satunya mengenai anggota Panitia Sembilan. Panitia Sembilan dibentuk oleh Ir. Soekarno, yang diambil dari Panitia Kecil di sidang pertama BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 yang mana anggotanya pun terdiri dari sembilan orang. Panitia Sembilan sendiri bertugas untuk menyusun rumusan dasar negara berdasarkan pemandangan umum suatu anggota.

 

Salah satu hasil rumusan dasar dari para anggota Panitia Sembilan adalah Piagam Jakarta atau Jakarta Charter. Bahkan, Panita Persiapan Kemerdekaan Indonesia pun akhirnya menjadikan Piagam Jakarta tersebut sebagai pendahuluan untuk Undang Undang Dasar Negara Indonesia.

Anggota Jajaran Panitia Sembilan

Sesuai dengan namanya, jumlah anggota dalam kepanitiaan ini ada Sembilan orang. Berikut daftarnya:

  1. Soekarno

Selain sebagai Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno lah yang juga membentuk anggota Panitia Sembilan yang menjabat sebagai ketua dari Panitia Sembilan.

  1. Mohammad Hatta

Sebagai tokoh pejuang, keuangan, negarawan, dan juga partner Ir. Soekarno dalam memimpin negara Indonesia sebagai Wakil Presiden, Drs. Mohammad Hatta pun menjabat sebagai wakil ketua Panitia Sembilan.

  1. Achmad Soebardjo

Seorang pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, Pahlawan Nasional Indonesia, dan juga merupakan Menteri Luar Negeri pertama di Indonesia, Achmad Soebardjo menjabat sebagai anggota dalam Panitia Sembilan.

  1. Mohammad Yamin

Sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan juga sebagai ahli hukum, Mohammad Yamin juga menjabat sebagai anggota. Mohammad Yamin juga sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

  1. Agus Salim

Meninggal di usia 70 tahun, H. Agus Salim pun menjabat sebagai seorang anggota Pnitia Sembilan yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia yang patut dibanggakan.

  1. Wahid Hasyim
  2. Wahid Hasyim adalah seorang anggota Panitia Sembilan yang juga menjabat sebagai Menteri Negara dalam kabinet yang pertama dan putra pendiri NU, yaitu KH. Mohammad Hasyim Asy’ari.
  3. Abdoel Kahar Moezakir

Rektor Magnificus yang dipilih oleh UII, merupakan salah satu tokoh islam yang menjadi anggota BPUPKI dan juga Panitia Sembilan.

  1. Abikoesno Tjokrosoejoso

Bapak Pendiri Kemerdekaan RI, penandatanganan konstitusi, Menteri Perhubungan dalam Kabinet Presidensial, serta penasihat Biro Pekerjaan Umum, menjabat sebagai anggota Panitia Sembilan.

  1. Alexander Andries Maramis

Selain sebagai anggota dalam Panitia Sembilan, ia juga merupakan anggota KNIP, BPUPKI, dan juga Menteri Keuangan RI.

 

Itulah anggota Panitia Sembilan yang bisa menambah ilmu atau sebagai pengigat sejarah kemerdekaan RI di masa penjajahan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *