Penasaran Apa Itu HMTC? Kenalan yuk

Profesi montir atau mekanik adalah salah satudi antara berbagai profesi yang ada. Montir pada dasarnya merupakan profesi atau pekerjaan yang menghasilkan jasa. Ini karena tugas montir adalah memperbaiki kendaraan atau alat transportasi. Meskipun terkesan sebagai profesi yang membutuhkan banyak tenaga dan tidak terlalu menjanjikan, namun sebenarnya profesi montir cukup menjanjikan.

Ini karena semakin banyak kendaraan bermotor yang diperjualbelikan di Indonesia. Bayangkan saja, jika dalam satu rumah minimal memiliki dua buah kendaraan bermotor, tentu kendaraan bermotor yang ada di Indonesia sangat banyak. Terlebih dengan adanya produk kendaraan bermotor dengan model terbaru yang diperjualbelikan.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Tentunya, dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor yang ada di Indonesia, montir akan semakin dibutuhkan untuk memperbaiki kendaraan tersebut saat mengalami kerusakan. Dari fakta tersebut, telah jelas bahwa profesi montir atau mekanik memang banyak dibutuhkan di Indonesia dan memiliki prospek usaha yang sangat baik sehingga tidak jarang orang memilih untuk mengambil kursus.

Salah satu tempat kursus untuk belajar menjadi montir atau mekanik adalah HMTC. Apa itu HMTC?Itu adalah satu tempat kursus yang akan mengajarkan muridnya berbagai hal untuk menjadi mekanik atau montir. Tempat kursus kependekan dari Hartomo Mechanical Training Centre ini mulai beroperasi pada tahun 1999.

Hartomo Mechanical Training Centre didirikan pertama kali di Jakarta oleh Hartomo Koes Alam Syahrir yang saat itu ingin menciptakan lapangan kerja untuk menghadapi krisis moneter. Selain itu, peningkatan jumlah sepeda motor di Indonesia juga melatarbelakangi pendirian Hartomo Mechanical Training Centre tersebut.

Dimulai dari bisnis jual beli motor bekas, usahanya yang semula berjalan mulus tiba-tiba ambruk karena himpitan krisis moneter pada tahun 1998. Namun, naluri pebisnisnya yang mampu mengendus peluang serta pengetahuannya tentang mesin membuatnya mendirikan Hartomo Mechanical Training Centre. Dengan dibantu dua orang instruktur, didirikanlah Hartomo Mechanical Training Centre pada 1 juli 1999.

Pada bulan pertama berdirinya, peserta yang mengikuti kursus di Hartomo Mechanical Training Centre memang baru satu orang. Namun, jumlah peserta yang ikut kursus semakin bertambah karena Hartomo mulai mengiklankan brand tempat kursusnya tersebut. Berkat keuletannya, tempat kursus mekanik tersebut semakin dikenal dan mulai ramai sehingga dibukalah cabang pertama di Depok.

Perkembangan serta respon positif dari masyarakat menyebabkan pengembangan Hartomo Mechanical Training Centre mulai dibuka dengan pola franchise. Meskipun banyak tempat kursus bagi mereka yang ingin menjadi mekanik atau montir, namun Hartomo Mechanical Training Centre memang memiliki kelebihan tersendiri walau biaya kursus yang harus dibayarkan lebih mahal. Akan tetapi, kualitasnya sebanding dengan harga yang dibayarkan.

Kelebihan Hartomo Mechanical Training Centre (HTMC)

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Salah satu kelebihan Hartomo Mechanical Training Centre adalah tempat kursus tersebut menyediakan peralatan yang lengkap. Selain itu, metode pengajaran berupa 80 persen praktik yang diberikan pada peserta di Hartomo Mechanical Training Centre juga menjadi kelebihan lain tempat kursus ini.

Tak tanggung-tanggung, peserta yang mengambil paket kursus di Hartomo Mechanical Training Centre akan dibimbing langsung oleh seorang instruktur dan difasilitasi satu buah sepeda motor untuk praktik per satu peserta. Dengan metode pembelajaran tersebut, tentunya peserta kursus akan lebih cepat paham tentang dunia montir atau mekanik.

Selain dibekali dengan satu buah sepeda motor praktik per peserta kursus, Hartomo Mechanical Training Centre juga menyediakan fasilitas tambahan lain seperti ruang pembelajaran berAC, bahkan mess atau penginapan gratis bagi peserta kursus yang berasal dari luar kota atau daerah. Fasilitas tersebut tentu sangat membantu bagi peserta kursus yang berasal dari daerah.

Selain beberapa kelebihan di atas, kelebihan Hartomo Mechanical Training Centre yang lain adalah banyaknya pilihan paket yang ditawarkan kepada calon peserta kursus. Perbedaan paket-paket kursus tersebut terletak pada materi yang akan diajarkan. Tentunya, adanya perbedaan pada materi yang diberikan juga berdampak pada biaya kursus yang berbeda pula.

Peserta bebas memilih paket kursus sesuai dengan minat dan kemampuan. Tentunya, pemilihan paket juga menentukan jenis sepeda motor apa saja yang akan dipelajari oleh peserta kursus. Uniknya, paket-paket kursus mekanik serta biaya kursus yang ditawarkan di Hartomo Mechanical Training Centre atau HTMC ini tidak diberi batasan waktu.

Dengan kata lain, peserta kursus akan terus dibimbing hingga berhasil lulus dan mendapat sertifikat kelulusan. Meskipun hal itu sangat tergantung dari kemampuan peserta kursus dalam menyerap materi pembelajaran, namun umumnya peserta yang mengambil kursus mekanik di Hartomo Mechanical Training Centre akan lulus dalam waktu sekitar 4 hingga 6 bulan.

Hartomo Mechanical Training Centre tak hanya mendorong siswanya untuk menjadi mekanik tetapi lembaga kursus tersebut juga mendorong siswanya agar menjadi entrepreneur yaitu dengan cara memberikan materi tentang manajemen. Uraian di atas merupakan jawaban lengkap yang akan menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu HTMC?

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *