Resep Rahasia di Balik Bakso Boedjangan

Bakso adalah menu makanan yang sangat familiar di Indonesia. Banyak ditemukan penjual bakso di berbagai wilayah. Hampir semua orang pernah mencicipi menu makanan ini. Menu makanan bakso ini bisa ditemukan di warung makan biasa maupun di restoran. Bakso adalah menu makanan yang identik dengan kuahnya. Makananan berkuah memang menjadi menu makanan yang paling segar untuk dikonsumsi.

Ada banyak cara untuk membuat bakso. Resep membuat bakso pun bermacam – macam. Salah satu bakso yang dikenal banyak orang adalah bakso boedjangan. Pernah mendengar menu bakso yang satu ini? Ya, bakso asal Malang ini memang mempunyai banyak penggemar di berbagai wilayah. Saking banyaknya yang suka, ada beberapa orang tertaril untuk membuat bakso ini sendiri. Anda juga tertarik untuk membuat bakso boedjangan? Anda bisa membuatnya menggunakan resep yang akan di bahas di ulasan ini. Kali ini kita akan membahas mengenai resep di balik pembuatan bakso boedjangan.

Beberapa Hal Menarik Bakso Boedjangan

Bakso Boedjangan menjadi salah satu jenis bakso yang paling terkenal di berbagai wilayah terutama di Malang. Bakso ini menjadi bakso legend yang harus dicoba ketika datang ke Malang. Nama bakso ini merupakan artikulasi dari lagu Roma Irama. Tidak hanya menjadi juwara di Malang melainkan bakso ini juga menjadi bakso juwara di kota seperti Bogor, Jakarta, Garut, Makasar, dan berbagai wilayah lainnya.

pixabay.com

Hal menarik dari bakso boedjangan ini adalah bagian variannya. Bakso ini mempunyai banyak varian isi. Mulai dari isi daging sapi, keju, dan bahkan ada isi mozarellanya. Para pecinta bakso wajib mencicipi bakso satu ini. Dijamin akan ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Berhubung sudah banyak yang menyediakan menu bakso boedjangan ini, maka anda bisa menemukan bakso ini dengan lebih mudah. Anda bisa mencicipi bakso boedjangan dengan varian isi bermacam – macam yang dijamin rasanya luar biasa.

Pernah makan bakso dengan nasi? Mungkin anda belum pernah mencoba melakukan hal tersebut. Jika anda belum pernah mencobanya maka anda bisa menemukan hal ini di bakso boedjangan. Bakso ini sering ditambahkan nasi sebagai pendamping makan. Terutama bagi anda yang lapar maksimal maka bisa menambahkan nasi sebagai tambahan hidangan.

Jumlah peminat bakso boedjangan ini memang cukup banyak dari pada bakso – bakso lainnya. Wajar jika banyak orang penasaran dengan resep membuat bakso boedjangan. Nah kali di bawah ini akan dipaparkan mengenai resep bakso boedjangan yang bisa anda coba di rumah. Resep rahasia ini akan memudahkan anda dalam membuat bakso boedjangan mirip dengan aslinya. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini hingga selesai.

pixabay.com

Resep Bakso Boedjangan

Membuat bakso boedjangan sendiri kini bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Bahan – bahan yang diperlukan juga sangat mudah ditemukan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso ini adalah daging sapi, bakso ayam, tepung kanji, bawang putih, merica, garam dan penyedap rasa. Sedangkan untuk isiannya anda bisa menambahkan sesuai selera anda. Jika anda suka keju maka anda bisa menambahkan keju. Bahan untuk membuat kuah baksonya anda bisa menambahkan tulang sapi, bawang merah, gula, garam, merica, dan penyedap rasa.

Siapkan bahan – bahan di atas untuk membuat bakso boedjangan. Jika anda ingin menambahkan beberapa bahan yang anda inginkan, anda juga bisa menambahkannya. Bakso boedjangan ini juga bisa dibuat sesuai dengan keinginan anda. Jika semua bahan tersebut sudah anda persiapkan maka anda bisa langsung membuat bakso tersebut.

Cara membuat bakso boedjangan adalah mulai menggiling daging sapi hingga halus. Bakso ayam tersebut bisa anda tambahkan dengan tepung kanji, bumbu yang sudah ditumis yakni bawang putih, tambahkan merica, garam, dan penyedap rasa. Campur bahan tersebut hingga tercampur rata dan kalis. Panaskan air sambil anda membuat bakso boedjangan tersebut. Jangan lupa masukan isian yang ingin anda buat. Masukan basko yang telah dibentuk ke dalam air yang sudah mendidih. Angkat bakso yang sudah terangkat ke atas permukaan air. Lalukan hal ini pada semua adonan bakso yang telah anda buat.

Cara membuat kuah bakso sangat mudah. Anda hanya perlu merebus air dengan tulang sapi untuk mendapatkan kaldunya. Siapkan bawang merah dan putih, haluskan dan tumis. Jika kaldu sudah keluar maka anda bisa langsung memasukan hasil tumisan tersebut. Tambahkan juga garam, gula, merica, dan penyedap rasa. Buat kuah bakso sesuai dengan kebutuhannya. Karena bakso sangat identik dengan kuahnya maka bisa dibilang rasa kuah juga menyumbang rasa lezat yang ada pada hasil masakan anda.

Itulah resep rahasia membuat bakso boedjangan. Banyak yang mempunyai ide untuk membuat bakso boedjangan tersebut sendiri. Bakso ini memang mempunyai rasa yang lezat sehingga siapa saja yang mencicipinya tertarik untuk mencoba lagi. Ada banyak resep membuat bakso boedjangan ini untuk anda coba. Jika anda tertarik dan ingin mencoba berbagai resep lainnya anda bisa menemukannya di Sarah Jane. Ada banyak sekali menu – menu yang mudah untuk anda buat di rumah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *