Hal Menarik yang Membuat Orang Cinta Mati Sama Burung Anis

Memang tidak banyak yang punya peliharaan berupa burung anis. Alasannya sederhana. Burung ini tidak bisa dipakai buat kompetisi. Sebenarnya bisa. Hanya saja, jarang sekali kompetisi kicauan burung dengan menggunakan burung yang satu ini.

Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang memelihara burung ini. Mereka punya alasan tersendiri mengapa memilih burung yang satu ini. Padahal, ada banyak jenis burung lain yang tak kalah menarik.

Mengapa Banyak yang Memelihara Burung Anis

Apa yang membuat burung ini menarik? Jika ini pertanyaannya, maka akan ada banyak jawaban. Dan setiap pecinta burung bisa mengutarakan lebih dari satu alasan.

Akan tetapi, setidaknya ada dua alasan mengapa burung ini diminati. Bahkan, sekarang pecinta burung mulai mengganti binatang piarannya dengan burung anis. Yang pertama, burung anis ini memiliki kicau yang unik. Ini alasan yang umum. Kebanyakan orang yang memelihara burung di rumah ingin rumah mereka ramai dengan kicauan. Terutama di pagi dan di siang hari.

Selain itu, ada juga alasan lain. Ada yang sekedar suka burung tapi tidak ingin keluar banyak uang. Secara umum, harga burung yang satu ini cukup terjangkau. Harganya sekitar 350 ribu hingga 800 ribu. Tidak sampai jutaan.

Meskipun demikian, bukan tidak mungkin harga burung anis bakal mencapai jutaan. Suatu saat nanti ketika kepopuleran burung yang satu ini naik, harganya pun akan ikut naik.

Sekarang ini, sudah mulai terlihat semakin tingginya minat untuk memiliki burung ini. Apakah Anda salah satunya?

pickupimage.com

Burung Anis Dinamakan Dewa Mabuk. Kenapa?

Mungkin Anda tidak tahu jika burung yang satu ini punya nama lain. Namanya dewa mabuk. Apakah Anda tahu kenapa?

Bukan berarti burung ini suka minum minuman keras. Bukan. Burung ini bisa berlagak seperti sedang mabuk. Ini terjadi ketika usianya sudah mencapai 7 bulan ke atas. Saat sedang masa birahi, burung ini akan berlagak seperti sedang mabuk. Kepalanya diayunkan ke kanan dan ke kiri sambil mengeluarkan kicauan yang khas.

Sebenarnya, mereka yang akhirnya memelihara burung ini suka karena teler atau mabuk. Inilah yang dinikmati oleh para pecintanya. Makanya, orang tidak begitu puas walaupun kicau burung sudah keras dan merdu. Akan tetapi, ketika burung terlihat teler atau mabuk, di sanalah puncaknya.

Adakah Peluang Bisnisnya?

Jika ada pertanyaan apakah ada peluang bisnis yang bisa diambil dengan cara memelihara burung yang satu ini, jawabannya pasti. Apalagi kini semakin banyak orang yang suka memelihara.

Burung ini tidak hanya diminati oleh orang-orang tua yang sudah pensiun dan ingin punya kegiatan di rumah. Anak-anak muda juga suka. Bahkan, ada yang memang berniat untuk memelihara banyak burung anis untuk diperjual-belikan.

Mungkin Anda juga memiliki niat seperti itu. Anda harus tahu harganya begitu murah. Akan tetapi, bukan berarti peluang untungnya rendah. Anda harus tahu harga beli burung anis yang masih kecil sangat murah. Ketika sudah besar dan kicaunya keras, Anda bisa jual dengan harga yang tinggi.

pickupimage.com

Akan tetapi, Anda harus tahu dulu bagaimana cara merawat burung yang satu ini agar cepat bisa berkicau.

  1. Tutup Sangkar dengan Kain

Agar cepat bisa berkicau, Anda sebaiknya buat kerodong yang terbuat dari kain. Tutup sangkar dengan kerodong tersebut. Ini penting untuk dilakukan ketika rumah Anda sering dilalui oleh banyak orang. Menutup gunanya agar burung merasa aman dan nyaman.

  1. Mandikan di Malam Hari

Kebanyakan burung dimandikan di pagi hari. Kemudian dijemur di bawah sinar matahari pagi. Namun, beda dengan burung anis ini. Burung ini sebaiknya dimandikan di malam hari.

  1. Berikan Makanan yang Terbaik

Agar burung cepat berkicau atau agar kicaunya lebih keras, maka burung harus benar-benar dalam kondisi yang fit. Bagaimana caranya? Tentu saja memenuhi kebutuhan nutrisi dengan memberikan makanan yang terbaik. Sebaiknya, Anda siapkan lebih banyak kroto. Itu saja.

  1. Pengembunan

Ini tips yang wajib dilakukan. Pengembunan ini dilakukan setelah ditutup dengan kerodong selama 4-5 hari. Ini membuat burung akan termotivasi untuk mengeluarkan suara.

  1. Berikan Latihan

Burung juga harus dilatih lho. Putarkan suara burung, entah dengan menggunakan hp atau tape radio. Tujuannya agar burung Anda bisa mencoba menirukan suara tersebut.

Mudah, bukan? Yang pasti, tidak salah jika Anda memelihara burung anis ini. Perawatannya mudah dan kicaunya akan membuat rumah Anda jauh dari kata sunyi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *