Cara Download dan Install Telegram Messenger di Smartphone

Telegram messenger merupakan salah satu dari banyak aplikasi chatting yang cukup populer di kalangan masyarakat dan saat ini marak digunakan. Aplikasi Telegram memang merupakan aplikasi baru jika dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya seperti LINE, WhatsApp, bahkan Blackberry Messenger. Namun, Telegram berhasil menarik perhatian dengan berbagai macam kelebihan yang disukai oleh pengguna.

Aplikasi chatting berbasis Cloud yang satu ini bisa Anda akses atau gunakan pada perangkat Android, iOS, Mac, Linus dan Windows. Sama seperti WhatsApp, aplikasi Telegram juga didukung dalam versi web dan bisa dibuka melalui PC/komputer dengan mudah dan cepat. Tunggu apa lagi? Segera download dan install aplikasi chatting Telegram sebagai alat komunikasi Anda dengan teman dan keluarga.

Cara Download dan Install Telegram Messenger di Smartphone

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan aplikasi Telegram yaitu melakukan download dan install aplikasi Telegram di smartphone Anda. Caranya cukup mudah dan sebenarnya sama saja seperti download aplikasi lainnya di Google Play Store atau Apps Store. Nah, di bawah ini ada beberapa langkah atau step untuk download dan install aplikasi Telegram melalui Google Play Store, yaitu:

  1. Pertama, buka aplikasi Google Play Store yang pasti tersedia di Handphone jenis Android milik Anda
  2. Kemudian, ketikkan “Telegram” di kolom search atau pencarian yang ada di bagian paling atas, lalu klik tombol pencarian
  3. Setelah itu akan muncul aplikasi Telegram yang Anda cari dan Anda bisa langsung download/install dengan klik tombol Install
  4. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu saja selama beberapa saat hingga proses instalasi aplikasi Telegram di smartphone Anda sudah selesai

Setelah selesai atau berhasil melakukan download dan install aplikasi Telegram, Anda bisa mulai mendaftarkan diri dengan membuat sebuah akun baru. Setelah itu, barulah aplikasi Telegram tersebut bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan komunikasi seperti chatting, telepon, bahkan berkirim dokumen.

Cara Daftar Akun Telegram dengan Mudah

Aplikasi Telegram ini bisa Anda download dan install secara gratis tanpa perlu membayar melalui Play Store maupun Apps Store. Aplikasi chatting yang satu ini bisa digunakan pada perangkat smartphone iOS maupun Android milik Anda. Nah, setelah berhasil download aplikasi Telegram di Handphone, Anda perlu mendaftarkan akun baru dengan nomor Handphone, caranya seperti berikut ini:

  1. Buka aplikasi Telegram yang sudah di download dan diinstall melalui Apps Store maupun Google Play Store
  2. Selanjutnya, Anda bisa mulai melakukan pendaftaran akun baru dengan nomor Handphone yang aktif Anda gunakan
  3. Setelah itu, Anda akan menerima kode verifikasi berupa kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  4. Kemudian, masukkan kode OTP tersebut dengan benar, setelah itu Telegram bisa langsung digunakan untuk chatting dan lain-lain

Selanjutnya, Anda bisa mulai mengisi nama dan memasang foto profil, gunakan foto Anda sendiri agar lebih mudah ditemukan teman-teman. Anda juga bisa menemukan teman-teman Anda yang juga menggunakan aplikasi Telegram. Untuk menemukan teman lebih cepat, Anda bisa melacak mereka secara otomatis melalui kontak di Handphone. Lalu, Telegram akan menampilkan siapa saja yang pakai aplikasi serupa.

Membuat Username yang Mudah Dikenali

Meski hanya sebuah aplikasi chatting, Telegram juga memiliki fitur username seperti halnya media sosial Instagram atau Twitter. Username ini akan mempermudah Anda dalam pencarian teman yang juga menggunakan aplikasi Telegram. Hal ini karena pencarian teman di Telegram bisa dilakukan dengan mencari kata kunci username. Nah, di bawah ini cara membuat username untuk Telegram milik Anda sendiri, yaitu:

  1. Buka aplikasi Telegram Anda
  2. Pada tampilan awal atau beranda Telegram, klik tombol di kiri atas atau ikon garis tiga sebagai menu pilihan
  3. Akan muncul berbagai macam pilihan menu, di sini Anda bisa memilih menu Setting, berada di nomor dua paling bawah
  4. Lalu pilih dan klik fitur username untuk mengganti username Telegram Anda
  5. Silahkan isikan username sesuai dengan keinginan Anda, bisa disamakan dengan username Instagram atau Twitter agar lebih mudah dikenali teman
  6. Ketikkan username nya lalu klik centang atau checklist di kanan atas untuk mengakhiri perubahan username Anda

Nah, itulah informasi seputar cara download dan install Telegram Messenger di Smartphone Anda. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai Telegram dan lainnya, Anda bisa mengunjungi situs yang menyediakan informasi seputar teknologi seperti technicaltalk.net. Semoga informasinya bermanfaat.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *