Cara Membuat Brosur Promosi

Brosur menjadi salah satu alat promosi yang banyak digunakan karena lebih menghemat biaya pemasaran dibandingkan dengan jenis  promosi yang lain. Untuk mengurangi biaya promosi agar lebih maksimal, Anda bisa membuat brosur sendiri tanpa harus repot meminta bantuan orang lain. Bagi yang penasaran cara membuat brosur, berikut ulasannya.

Cara Membuat Brosur dengan Microsoft Word

Microsoft Word menjadi salah satu aplikasi pembuat dokumen yang paling banyak dipakai. Selain digunakan untuk membuat dokumen, ternyata Microsft Word juga bisa dimanfaatkan untuk membuat desain brosur. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat desain kreasi brosur sendiri dengan memanfaatkan template brosur yang sudah tersedia di Microsoft Word.

Ada baiknya Anda memiliki desain terlebih dahulu sebelum menuangkannya di Microsoft Word. Hal ini akan mempercepat waktu pembuatan brosur dan hasil brosur Anda akan menjadi lebih maksimal. Selain itu, ada baiknya ketika Anda selesai membuat brosur, Anda mencetak brosur secara bolak-balik di percetakan untuk meminimalkan biaya pembuatan brosur.

pexels.com

Bagi yang ingin membuat desain brosur sendiri menggunakan Microsoft Word, berikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word dan pilih ‘Brochure’ untuk membuka template brosur yang ada. Perlu diingat untuk bisa memilih template brosur yang tersedia memerlukan koneksi internet. Kemudian klik ‘create’.
  2. Anda bisa memasukkan informasi ataupun gambar sesuai dengan ide desain yang diinginkan. Biasanya brosur promosi terdiri dari beragam poin penting, seperti manfaat, testimoni, hingga kontak yang bisa dihubungi.
  3. Jika brosur yang dibuat sudah sesuai keinginan, klik ’save as’.
pexels.com

Cara Membuat Brosur Menggunakan Microsoft Publisher

Microsoft Publisher merupakan aplikasi Microsoft yang didesain untuk membuat ragam desain,  termasuk desain brosur. Microsoft Publisher sendiri dirilis secara profesional untuk Microsoft Office 2010.

Secara pembuatan, menggunakan Microsoft Publisher hampir sama dengan cara pembuatan brosur di Microsoft Word, hanya saja dengan penggunaan Microsoft Publisher template desain semakin beragam dan memiliki banyak efek untuk mengeditnya. Hanya saja untuk menggunakannya diperlukan biaya tertentu untuk mencegah adanya aplikasi bajakan.

Cara membuat brosur menggunakan aplikasi Microsoft Publisher pun tidak jauh berbeda dengan membuat brosur di Microsoft Word. Anda hanya perlu menyiapkan ide desain untuk dituangkan di template brosur yang sudah tersedia. Selain itu, Anda juga bisa membuat desain dari awal dengan ukuran brosur yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain bisa menyimpan hasil desain langsung ke dalam komputer, Microsoft Publisher juga menawarkan kelebihan penyimpanan yang bisa langsung dibagikan ke email. Menariknya, Anda juga bisa menyimpan desain dalam bentuk html.

pexels.com

Cara Membuat Brosur Menggunakan Canva

Bagi Anda yang ingin membuat brosur dengan template kekinian dan tanpa harus membuka aplikasi di PC, membuka situs Canva bisa menjadi alternatifnya. Membuat brosur menggunakan situs Canva bisa dilakukan secara online melalui PC. Sedangkan bagi Anda yang ingin membuatnya secara mobile, Anda bisa mengunduh aplikasi Canva di PlayStore untuk digunakan pada smartphone.

Dengan menggunakan Canva, beragam template bisa dipilih secara gratis. Meskipun begitu, ada beberapa jenis template yang berbayar karena memiliki desain yang unik. Selain itu, sebelum membuat desain brosur menggunakan Canva, Anda juga harus masuk melalui akun yang sudah dimiliki. Jika Anda tidak memiliki akun di Canva, Anda bisa membuat akun yang telah terkoneksi dengan Facebook ataupun akun email.

Bagi Anda yang ingin membuat desain brosur menggunakan Canva, berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Buka situs canva.com dan masuk menggunakan akun yang sudah didaftarkan.
  2. Untuk membuat brosur, Anda bisa memilih di ‘Materi Pemasaran’ dan cari ragam template ‘Brosur Lipat Tiga’.
  3. Akan banyak template yang tersedia, Anda bisa menyesuaikannya dengan ide desain Anda dan lengkapi menggunakan beragam informasi dan gambar pendukung.
  4. Jika desain brosur sudah selesai dikerjakan, Anda bisa mengunduh dengan cara memilih tombol unduh di pojok kiri atas. Agar hasil cetakan lebih jelas, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk PDF.

Cara membuat brosur memang memerlukan ketelitian dan ide desain yang menarik. Dengan menggunakan beragam alat pembuat desain di atas akan mengurangi beban biaya dalam pembuatan media promosi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *