Panduan Cara Membuat Website Bagi Pemula

Kenapa semakin banyak orang yang ingin mempunyai halaman website? Jika anda penasaran maka anda bisa menyimak ulasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai hal mengenai website dan juga panduan cara membuat website.

Semakin berkembangnya teknologi terutama internet tentu membuat para penggunanya lebih mudah dalam melakukan berbagai kegiatan. Hampir setiap hari semua pengguna gadget pasti mengakses website. Lalu apa itu website?

Apa Itu Website?

pexels.com

Semakin kesini semakin banyak orang yang membutuhkan website. Hal tersebut membuat banyak yang tertarik untuk membuat situs sendiri. Website sendiri adalah sebuah kumpulan dari halaman yang ada di dalam internet. Website atau situs dibuat dengan tujuan tertentu.

Tujuan dari setiap website tersebut tentu saja saling berhubungan dengan apa yang bisa diakses di halaman tersebut. Biasanya untuk mengakses website tersebut digunakan URL, URL tersebut menjadi sebuah alamat yang akan dituju.

Biasanya jika mengeklik salah satu website yang ada, maka secara langsung akan membawa masuk ke dalam halaman yang ingin diakses.

Website ada banyak jenisnya, biasanya orang yang membuat website tergantung tujuannya ingin digunakan untuk apa. Website ada yang bersifat pribadi, jika anda membuat web untuk pribadi ini anda bisa membuatnya menggunakan layanan secara gratis.

Ada juga orang yang membuat website digunakan sebagai toko online. Mempunyai toko secara online tentu memudahkan anda untuk mendapatkan pelanggan setiap harinya, karena hampir semua orang sekarang mengakses internet setiap hari.

Selain itu salah satu jenis website yang sangat terkenal adalah blog. Ketika anda ingin mencari berbagai informasi di internet biasanya disediakan di dalam sebuah blog. Blog ini menjadi salah satu website atau situs yang sering dikunjungi setiap harinya.

Kenapa semakin banyak orang yang tertarik untuk mencari tahu informasi cara membuat website? Hal tersebut semakin banyak orang yang mengetahui pentingnya dan bermanfaatnya membuat sebuah website. Website sendiri mempunyai banyak manfaat yang bisa dirasakan para penggunanya.

Menggunakan website maka para penggunanya bisa membangun personal branding. Selain itu mempunyai website bisa dijadikan sebagai cara mendapatkan uang, berbagi cerita, berbagi informasi, dan berbagai manfaat lainnya. Tentu saja kegunaan dari sebuah situs sangat bermanfaat, itulah yang semakin membuat orang sadar untuk mempunyai sebuah situs sendiri.

Panduan Cara Membuat Website

pexels.com

Setelah membacara ulasan di atas tentu saja anda semakin paham bagaimana pentingnya mempunyai sebuah website. Jika anda penasaran dan ingin membuat website sendiri maka kini anda bisa membuatnya sendiri. Cara membuat sebuah situs sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Walaupun anda baru pertama kali membuat sebuah website namun dengan cara yang akan dipaparkan di bawah ini, anda bisa membuatnya dengan sangat mudah. Langsung saja dibahas mengenai cara membuat website paling mudah untuk pemula :

  1. Tentukan Platform

Menentukan platform ini menjadi langkah paling awal yang harus dilakukan semua orang. Pada langkah ini anda bisa memilih untuk membuat web dari awal maupun dari aplikasi yang sudah ada. Maksud dari membuat web dari awal adalah anda harus benar – benar mempelajari berbagai hal mengenai bahasa pemrogramman web.

Tentu saja ada banyak hal yang harus anda pelajari seperti HTML, WOW, PHP, dan bahasa pemrogramman lainnya. Namun jika anda ingin membuat dari aplikasi yang sudah ada maka anda bisa membuat platform dari CMS. Ada banyak platform yang banyak digunakan oleh pengguna website seperti WordPRess, Drupal, dan Joomla.

  1. Menentukan Domain dan Hosting

Langkah selanjutnya setelah anda bisa menentukan platform yang akan digunakan adalah menentukan domain dan hosting. Pilih nama domain yang ingin anda gunakan, biasanya domain ini akan diakhiri dengan .com, .net, dan .org. mungkin anda sangat sering menemukan domain tersebut ketika membuka sebuah halaman website.

Untuk membuat domain dan hosting ini alangkah baiknya jika anda memilih menggunakan nama yang tidak sulit. Anda bisa menggunakan nama dari brand yang anda miliki atau produk yang anda tawarkan.

  1. Instalasi dan Pengaturan

Jika sudah berhasil menentukan domain dan hosting maka langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi dan juga pengaturan dari website tersebut. Perlu anda ketahui jika anda membeli domain dan juga hosting maka sebenarnya website tersebut sudah bisa diakses namun isinya masih kosong.

Dalam langkah ini anda bisa melakukan proses instalasi dan juga pengaturan website yang anda inginkan. Buatlah pengaturan sesuai dengan keinginan anda.

Sebenarnya tiga cara tersebut sudah mewakili berbagai cara lainnya untuk membuat sebuah website. Tentu saja sampai langkah tiga tersebut anda hanya baru mempunyai sebuah website. Setelah langkah tiga tersebut masih banyak langkah lainnya yang bisa anda lakukan untuk membuat tampilan website anda menjadi lebih indah.

Tentu semua pengguna website ingin menampilkan tampilan situs yang menarik sehingga mampu membuat orang yang mengunjungi situs tersebut menjadi lebih nyaman.

Mudah bukan cara membuat web tersebut? kini anda bisa langsung mencobanya sendiri dan membuat tampilan website yang sesuai dengan keinginan anda, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *