Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

Penasaran ga sih dengan sungai terpanjang di Indonesia kita simak dan belajar bersama yuk sungai terpanjang di Indonesia diulas di bawah ini ya.

Sungai Sendiri memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Dan sungai juga bisa dijadikan untuk obyek wisata, selain itu sungai juga bisa untuk sarana transportasi dan pembangkit listrik juga lho.

Daftar Sungai terpanjang di Indonesia

Untuk lebih jelasnya saya tuliskan 10 sungai terpanjang di Indonesia berikut ini :

Sungai Kapuas

Panjang Sungai Kapuas ini panjangnya 1.143 Km yang berlokasi di Pulau Kalimantan ( Provinsi Kalimantan Barat ) dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia karena panjang mencapai 1.143 km.

Sungai Mahakam

Panjang Sungai Mahakam ini panjangnya 930 km yang berlokasi di provinsi Kalimantan Timur. Sungai mahakam sebagai sumber air yang berpotensi perikanan maupun sebagai sarana transportasi di pulau kalimantan.

Sungai Barito

Panjang Sungai Barito ini panjangnya 909 km yang berlokasi di Pulau kalimantan tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan ) dan Sungai barito ini juga menjadi sungai terbesar dan terpanjang di Provinsi kalimantan selatan.

Sungai batanghari

Sungai Batanghari ini panjangnya  800 km yang terletak di provinsi Pulau Sumatera ( Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi ). Aliranm sungai batanghari merupakan Daerah aliran sungai terbesar di Indonesia.

Sungai Musi

Sungai musi ini panjangnya 750 km yang terletak di provinsi Sumatera Selatan dan sungai musi ini juga terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.

Sungai Mamberamo

Sungai ini panjangnya 670 km dan terletak di Pulau Papua ( Provinsi Papua ) dan Sungai mamberamo ini merupakan sungai lebar terbesar di Indonesia.

Sungai Bengawan Solo

Sungai bengawan solo ini panjangnya 548 km yang berlokasi di Pulau jawa ( Provinsi Jawa Tengah dan provinsi Jawa Timur) dan sungai ini juga sungai terpanjang di pulau jawa.

Sungai Digul

Panjang sungai digul ini 525 km yang berlokasi di Pulau Papua ( Provinsi Papua Selatan ) dan sungai ini melintasi rendah lawa yang luas.

Sungai Indragiri

Sungai Indrigiri Panjangnya 500 km yang berlokasi di Pulau Sumatera ( Provinsi Riau ) dan bermuara di Selat Malaka.

Sungai Seruyan

Panjang sungai ini 350 km dan berlokasi di Pulau Kalimantan ( Kalimantan Tengah ) dan mempunyai kedalalaman rata rata 6 m dan lebar rata rata 300 m

Semoga tulisan ini saya bisa bermanfaat untuk menjadi pengetahui tentang sungai  terpanjang di Indonesia.