Cara Mudah Menggunakan Device Manager Android

Android memang platform smartphone yang memiliki jumlah pengguna paling banyak yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia merupakan salah satu negara dimana penduduknya memang sebagian besar menggunakan ponsel pintar Android, dibandingkan dengan platform lainnya seperti iOS dan Windows. Untuk itulah penting bagi Anda pengguna Android untuk memberikan perlindungan secara maksimal pada perangkat tersebut terutama dari aksi pencurian.

Sebagai manusia kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi besok dan selanjutnya. Jika suatu saat Anda sedang mengalami nasib buruk, dengan kehilangan ponsel Android baik karena ketinggalan di suatu tempat atau dicuri perlindungan pada perangkat tersebut bisa dilakukan. Gunakan Android Device Manager atau ADM, untuk memberikan perlindungan maksimal pada perangkat Anda yang hilang atau tertinggal di sebuah tempat.

Meskipun fungsinya sangat penting sayangnya masih banyak pengguna Android yang belum memahami apa itu ADM. Sebagai situs digital terbaik leskompi akan membantu Anda lebih paham tentang Android Device Manager (ADM) dengan penjelasan di bawah ini.

pixabay.com

Cara Menggunakan Device Manager Android

Cara Menyalakan

Sebenarnya pada setiap perangkat Android sudah ada device manager yang terpasang secara default atau bawaan dan sudah otomatis aktif. Hanya saja untuk keperluan perlindungan maksimal pada perangkat seperti penghapusan data dari jarak jauh, Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Cara pengaktifan Android Device Manager yaitu sebagai berikut:

▪ Masuk ke menu “Setting” atau “Pengaturan” pada perangkat

▪ Lalu pilih “Security” atau “Keamanan”

▪ Aktifkan pada mode “Remotely locate this device” dan menu “Allow remote lock and erase”.

Dengan mengaktifkan “Remotely locate this device” itu artinya Anda memberikan ijin Google untuk melakukan pelacakan atau tracking pada perangkat. Dan “Allow remote lock and erase” yang diaktifkan akan memungkinkan pihak Google untuk melakukan penghapusan data yang ada di perangkat dari jarak jauh. Kedua tindakan ini akan melindungi perangkat Anda dari penyalahgunaan oleh oknum.

Gunakan Terus Kunci Layar

Selalu mengaktifkan kunci layar kadang tampak seperti hal yang sepele padahal tindakan itu akan memberikan perlindungan pada perangkat Android. Aktifkan kunci layar saat Anda sedang tidak mengoperasikan perangkat. Anda bisa memilih untuk menggunakan kunci layar berupa pola, PIN, password ataupun kode sidik jari atau fingerprint.

pixabay.com

Nyalakan GPS dan Ijin Akses Lokasi

Seringkali pengguna Android memilih untuk menonaktifkan lokasi karena dianggap boros kuota. Tanpa disadari bahwa tindakan seperti ini justru membiarkan perangkat tanpa perlindungan yang maksimal. Agar Android Device Manager bisa menjalankan fungsi perlindungan secara maksimal pastikan GPS dan lokasi pada perangkat selalu dalam kondisi “ON” atau menyala.

Syarat Lainnya

Untuk bisa mepergunakan Android Device Manager secara maksimal pada perangkat ada beberapa tindakan yang harus dilakukan sebelumnya, yaitu :

▪ Lakukan aktivasi pada perangkat dan pastikan Anda sudah login pada akun Google.

▪ Ada sambungan internet pada perangkat jadi pastikan data selalu aktif.

▪ Nyalakan GPS dan akses lokasi pada perangkat.

▪ Android Device Manager aktif dan ijinkan untuk mengunci perangkat serta menghapus data.

Cara Melacak Perangkat Melalui Device Manager

Setelah semua persyaratan penggunaan Android Device Manager dipenuhi sekarang saatnya Anda memahami bagaimana cara melakukan pelacakan pada perangkat. Pelacakan bisa dilakukan dengan menggunakan PC atau smartphone lainnya.

Lakukan login pada akun Google yang Anda gunakan untuk aktivasi perangkat dan selanjutnya website dari device manager akan melakukan pelacakan perangkat lengkap dengan segala informasi penting seperti lokasi dan kapan terakhir perangkat digunakan.

Untuk memaksimalkan fungsinya pada Android Device Manager dilengkapi beberapa fitur yang akan dijelaskan di bawah ini.

pixabay.com

Fitur Android Device Manager

Ring atau Dering

Fitur ini akan membantu Anda untuk menyalakan nada atau ring pada perangkat sebagaimana kalau ada panggilan masuk. Suara dering akan terus berbunyi hingga 5 menit dengan volume maksimal meskipun perangkat sedang di setel dalam mode silent.

Lock atau Kunci

Dengan fitur lock pada Android Device Manager akan memungkinkan Anda untuk melakukan penguncian pada perangkat yang hilang. Penguncian dengan menggunakan password tertentu bisa dilakukan dari jarak jauh yang akan mengamankan perangkat Anda dari tindakan penyalahgunaan oleh oknum. Tindakan penguncian ini bahkan bisa dilakukan meskipun sebelumnya Anda tidak memakai password pada perangkat Android tersebut.

Erase atau Hapus

Kemudian ada fitur erase yang akan memungkinkan Anda melakukan penghapusan data pada perangkat dari jarak jauh. Data yang dimaksud adalah foto, aplikasi, video, pengaturan dan semua file serta informasi lainnya yang tersimpan di dalam perangkat. Hanya saja jika pilihan erase ini diambil otomatis Android Device Manager tidak bisa lagi melakukan pelacakan pada perangkat tetapi minimal data pribadi Anda aman.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *