Durian Musang King, Rajanya Duren

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah legit dan berbau khas yang satu ini? Hampir semua orang suka dengan durian. Apalagi, rasa buah ini begitu manis dan legit, membuat orang ingin berkali-kali menyantapnya. Selain rasanya yang khas, jenis durian juga cukup banyak. Salah satu jenis durian yang cukup diminati adalah Durian Musang King.

Tentang Durian Musang King

Mungkin belum banyak yang mengenal Durian Musang King di Indonesia. Namun, jenis durian ini begitu populer di negera tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura. Durian jenis ini terkenal memiliki rasa yang manis, legit, dan berdaging tebal. Saking enak dan legitnya, kepopuleran durian jenis ini bahkan menyaingi jenis durian monthong yang begitu dikenal di Indonesia.

Di negara asalnya, Kelantan, durian ini dikenal dengan sebutan Mao Shan Wang yang artinya Raja Kucing. Durian ini pertama kali dikenal masyarakatnya pada tahun 1990an. Di mana, pada tahun tersebut sempat dihebohkan oleh pohon durian yang menghasilkan buah berkualitas, mulai dari dagingnya yang kuning, tebal, lembut, dan rasanya yang manis sedikit pahit, serta bijinya sangat kecil.

Pada tahun 1993, seorang beranama Wee Chong Beng mendaftarkan jenis durian ini sebagai durian unggul dengan nama Raja Kunyit karena warna daging buahnya seperti kuning kunyit. Namun, sebagian besar orang meyebutnya dengan Durian Musang King karena lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang Kelantan.

Setelah itu, buah ini semakin eksis dan petani Malaysia pun banyak yang mulai menanam bibit Durian Musang King. Pada tahun 2000, pohon durian ini mulai berbuah dan dapat dipanen secara masal. Hasilnya pun sudah dapat dipastikan sangat berkualitas. Semakin lama populasi Durian Musang King semakin berkembang.

Oleh karena kualitasnya yang terjamin, pihak Kementerian Pertanian Malaysia mencatatkan varietas durian ini sebagai varietas baru durian ke-197. Para penikmat dan pecinta durian di negeri jiran sangat banyak yang menyukainya, bahkan tidak ragu untuk merogoh kocek dalam hanya untuk menikmati durian jenis ini.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *