App Google Chrome

App Google Chrome merupakan salah aplikasi yang pastinya sudah sangat akrab dengan keseharian hampir semua orang di berbagai negara. Google Chrome adalah sebuah aplikasi peramban yang digunakan untuk menjelajahi dunia maya hanya dengan jari-jari Anda. Fungsinya serupa dengan Opera, Mozilla Firefox, dan semacamnya yang telah lebih dulu dirilis.

Jika Firefox dikembangkan oleh Mozilla, Chrome dirancang oleh Google yang merupakan perusahaan internet terbesar di dunia. Proyek open source yang digunakan oleh Google adalah Chromium yang menggunakan mesin rendering WebKit hingga versi 27 dan dirancang untuk bekerja dengan kecepatan di atas rata-rata. Hebatnya, saat dijalankan pada perangkat desktop dan moile, mesin ini tetap ringan.

Google Chrome pertama kali rilis pada 2 September 2008 untuk Microsoft Windows karena masih dalam versi beta. Tak butuh waktu lama bagi Chrome untuk menarik perhatian publik di awal peluncurnnya. Pasalnya, pada awal peluncuran ini, Google Chrome mengklaim berhasil meraih 1% pangsa pengguna peramban global.

Meski sempat jatuh di angka 0,69% pada bulan Oktober, namun nyatanya hal ini tidak berlangsung lama. Sebab, setelah rilisnya versi stabil yang diluncurkan untuk semua sistem operasi pada tanggal 11 Desember di tahun yang sama, presentase pengguna Chrome kembali naik dan meraih angka 1%. Ini menandakan, bahwa Chrome cukup diminati banyak masyarakat secara global sebagai peramban web.

Setelah berhasil menarik perhatian para pengguna Windows, Google kembali mengambangkan Chrome-nya pada versi OSX pada tahun 2009. Pada tanggal 4 Juni 2009, versi preview pengembangannya rilis dan baru pada akhir 2009 Google berhasil membawa Chrome versi OSX preview ke versi beta, termasuk juga ke versi Linux. Setahun kemudian, Google merilis Chrome versi stabil yang mendukung platform desktop.

Performa sempurna sejak peluncuran Google Chrome pertama kalinya berhasil menarik perhatian dan menjadi disukai banyak orang. Hal inilah yang membuat aplikasi peramban tersebut terus dikenal. StatCounter bahkan memperkirakan, Google Chrome berhasil diadopsi oleh 58% pengguna desktop pada Desember 2015.

Tak sampai di situ, Google juga mengembangkan Chrome dalam versi mobile yang tentu saja semakin memiliki banyak penggemar. Saking populernya, Google berhasil melebarkan jangkauan Chrome dalam wujud Chromecast dan Chrome OS. Pada 7 Februari 2012 Chrome berhasil rilis di platform mobile Android yang kemudian disusul versi iOS pada 26 Juni 2012. Pada bulan Juni juga, Chrome masuk ke Windows 8.

pxhere.com

Fitur Utama App Google Chrome

Kepopuleran dan ketertarikan banyak orang menggunakan App Google Chrome tak lepas dari sejumlah fitur-fitur unggulan yang terus dikembangkannya dari masa ke masa. Selain fitur standar yang juga dimiliki peramban web lain, Google Chrome didukung oleh fitur lainnya yang belum dimiliki oleh peramban web lain. Berikut ini sejumlah fitur utama aplikasi Google Chrome, di antaranya:

  • Keamanan

Demi menjaga privasi dan keamanan bagi seluruh penggunanya, Chrome secara rutin selalu mengunduh berkas terbaru yang berisi phising dan malware. Chrome akan secara berkala memberikan peringatan pada para penggunanya ketika mengakses salah satu situs yang menyimpan potensi berbaya. Chrome juga dipersenjatai fitur kata sandi utama guna melingdungi sandi di aplikasi.

  • Kecepatan

Sejak awal dirilisnya, kecepatan selalu mencari modal utama bagi Chrome. Hal ini juga yang membuatnya berhasil populer melampaui peramban pendahulunya, seperti Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Chrome menggunakan mesin virtual yang disebut V8 JavaScript yang memiliki kode dinamis, sehingga mampu menghasilkan performa di atas rata-rata

  • Sinkronisasi

Setiap para pengguna Chrome wajib memiliki akun Chrome dan dengan ini para penggunanya bisa melakukan sinkronisasi ke berbagai perangkat manapun. Sinkronisasi tersebut, termasuk nama pengguna dan kata sandi, berkas yang disimpan di bookmark, riwayat jelajah, dan pengaturan perangkat.

pxhere.com
  • Chrome Web Store

Selayaknya Play Store dan App Store, Chrome Web Store bisa digunakan oleh pengguna untuk menjumpai berbagai aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk mendukung peramban. Bagi para pengembang bisa menawarkan plugin dan ekstensi buatan pada setiap pengguna Chrome melalui Chrome Web Store.

  • Terjemah Otomatis

Telah disebutkan, bahwa integrasi adalah salah satu keunggulan Chrome yang belum mampu dimiliki oleh peramban web lainnya. Sehingga, semua layanan onlinenya terhubung dalam satu jendela. Terjemahan otomatis bernama Google Translate adalah salah satu fitur yang disematkan pada Chrome secara default dan bisa dimatikan jika tidak memerlukannya.

Itulah beberapa informasi dan fitur-fitur dari aplikasi Google Chrome yang bisa diunduh di apkpure.co.id yang merupakan sebuah situs alternatif untuk mengunduh berbagai macam aplikasi. Situs ini juga sudah meluncurkan aplikasi versi Android yang besarnya hanya 2.6 MB. Meski berukuran kecil, aplikasi ini sangat bermanfaat bagi para downloader. Simak informasi selengkapnya di apkpure.co.id.

 

Leave a Comment