Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Saat ini orang di seluruh dunia sudah banyak yang menggunakan komputer untuk membantu kebutuhan hidupnya setiap hari. Komputer sendiri saat ini memiliki banyak variasi dan berbagai tipe yang menyesuaikan terhadap selera dan kebutuhan dari setiap orang.

Canggihnya lagi, saat ini komputer sudah saling terhubung dan membentuk sebuah jaringan komputer. Lalu, apa sebenarnya jaringan komputer tersebut?

Untuk itu, dalam artikel ini akan deceritakan lebih lanjut mengenai jaringan komputer. Pastikan kamu selalu mengikuti artikel yang ada di mastekno untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan enak untuk dipelajari.

Pengertian Jaringan Komputer

pixabay.com

Sebelum masuk lebih dalam membahas jaringan komputer, perlu diketahui bahwa jaringan komputer pada dasarnya merupakan sebuah jaringan telekomunikasi yang sudah terintergrasi sehingga setiap komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut bisa saling bertukar informasi data menggunakan semacam konektivitas tertentu.

Untuk mewujudkan sebuah jaringan tersebut, terdapat sebuah sistem yang dinamakan client-server. Sistem client-server tersebut memunculkan dua pihak yang berbeda. Pihak pertama disebut sebagai server, yaitu pihak yang berfungsi sebagai penyedia layanan transportasi data dan berfungsi juga sebagai penampung data yang selanjutnya data tersebut bisa disalurkan antar client yang terhubung.

Selanjutnya, ada pihak yang merupakan pengguna dan penerima data yang disebut sebagai client. Dengan sinergitas tersebut, maka seluruh data yang ada bisa tersalurkan dengan baik. Penggunaan sistem ini akan menjadikan data yang ada tersinergi dengan baik dan tidak ada kesalahan karena perbadaan data.

Manfaat Jaringan Komputer

Sebelumnya telah sedikit dibahas mengenai bagaimana jaringan komputer tersebut bekerja. Untuk itu selanjutnya kamu juga perlu mengetahu mengenai manfaat apa saja yang didapat dari penggunaan jaringan komputer. Jjaringan komputer memiliki beberapa manfaat antara lain sebagai berikut:

  1. Berbagi data dengan mudah. Dengan adanya sebuah jaringan komputer, tentunya kamu bisa lebih leluasa untuk berbagai data seperti dokumen ataupun sebuah album foto kenangan. Kamu juga bisa mendapatkan data yang bersifat umum, seperti dokumen mengenai angka perekonomian Indonesia atau berbagai softwareaplikasi yang bisa membantu pekerjaan kamu dalam menggunakan sebuah komputer.
  2. Cepat dalam memindahkan data. Jika sebelum adanya jaringan komputer, kamu harus mengeluarkan pengorbanan yang ekstra dalam memindahkan data, saat ini kamu hanya tinggal duduk manis saja menunggu data tersebut terkirim. Dengan bantuan konektivitas seperti internet, maka kamu tidak perlu ribet lagi dalam memindahkan data, bahkan saat ini teknologi wireless sudah berkembang dengan sangat pesat. Jadi kamu juga tidak perlu memakan banyak tempat untuk meletakan kabel koneksi yang akan memakan banyak ruang.
  3. Akses informasi yang mudah. Selain bertukar data yang bersifat pribadi, saat ini kamu juga bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi terkini. Jika pada zaman dahulu informasi tersebut bisa kamu dapatkan melalui surat kabar atau dari mulut ke mulut, maka dengan adanya jaringan komputer yang fleksibel, saat ini kamu hanya perlu membuka portal tersebut melalui jaringan internet. Kamu bisa membaca berita atau mencari suatu informasi terbaru hanya dalam hitungan detik. Biaya yang dikeluarkan juga cenderung lebih sedikit sehingga kamu bisa lebih berhemat.
  4. Berbagi penggunaan hardware. Selain berbagi software, kamu juga bisa dengan mudah berbagi hardware. Sebagai contoh, kamu bisa membagi penggunaan sebuah printer dalam satu kantor yang sama tanpa perlu menerapkan satu komputer satu printer. Cara tersebut tentu cukup efektif dan bisa menghemat dana pembelian printer.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

pixabay.com

Jaringan komputer saat ini sangat beragam sesuai dengan fungsi dan kemudahan yang ditawarkan. Dengan berkembangnya teknologi hingga saat ini, tentu menjadikan jenis-jenis dari jaringan komputer terus bertambah. Jaringan tersebut sangat banyak dan beragam. Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa jenis-jenis dari jaringan komputer yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Local Area Network (LAN)

Salah satu jaringan komputer yang cukup sederhana yaitu jaringan LAN. Jaringan ini biasa digunakan di perkantoran atau dalam beberapa kantor dengan satu kesamaan data yang digunakan. Saat ini LAN juga bisa dikombinasikan dengan bantuan teknologi wireless yang dikenal dengan istilah WLAN.

Metropolitan Area Network (MAN)

Model selanjutnya adalah sebuah perpanjangan dari konektivitas LAN yang dikenal dengan istilah MAN. Koneksi yang satu ini pada dasarnya merupakan gabungan dari beberapa koneksi LAN.

Wide Area Network (WAN)

Sesuai dengan namanya, tentu model koneksi yang satu bersifat lebih luas dari model sebelumnya. Model yang satu ini disediakan oleh penyedia layanan publik dan terhubungan menggunakan bantuan router.

Internet

Untuk model yang satu ini tentunya sangat familiar dan sangat berkembang dalam masyarakat. Internet bersifat sangat fleksibel dan mampu menghubungkan banyak perangkat kebutuhan sehari-hari. Penggunaan internet sendiri mampu menggantikan pernggunaan beberapa fungsi pos dan telepon yang saat dahulunya sangat berperan penting.

Mengenal Topologi dalam Jaringan Komputer

Dengan penggunaan jaringan komputer, tentu terdapat beberapa formasi yang diterapkan pada jaringan komputer tersebut. Topologi memberikan berbagai alternatif dari penyusunan perangkat jaringan komputer. Topologi yang digunakan saat ini antara lain topologi bus, ring, star, tree, dan mesh. Model dari topologi tersebut tentu berbentuk sesuai dengan namanya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *