KABUPATEN CIAMIS

Kabupaten Ciamis termasuk masih berada di dalam lingkup sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Letaknya strategis, tepatnya berada pada perbatasan Kabupaten Majalengka, dan juga Kuningan pada bagian utaranya.

Untuk bagian timur ada Kota Banjar dan juga Kabupaten Cilacap yang berada di Provinsi Jawa Tengah, kemudian pada bagian barat ada Kabupaten Tasikmalaya beserta kota Tasikmalaya. Yang terakhir bagian selatan ada Kabupaten Pengandaran yang terkenal dengan pantai selatannya.

Tentang Kabupaten CIamis

Kabupaten Ciamis ini tepatnya berada di bagian arah tenggara Provinsi Jawa  Barat. Warganya juga masih kental dengan bahasa sunda, sama seperti masyarakat yang ada diBandung.

Yang sudah kita ketahui bahwa Provinsi Jawa Barat mempunyai udara sejuk dan juga lingkungan yang masih asri, mengingat Provinsi Jawa Barat letaknya berdekatan dengan penggunungan dan juga bukit-bukit, hal ini juga berlaku untuk Kabupaten Ciamis.

GEOGRAFI

Kabupaten Ciamis berdasarkan letak geografisnya yang telah dijelaskan diatas bahwa letaknya memang strategis, dilewati oleh jalan yang berada di Provinsi Lintas Ciamis, lalu ke Cirebon kemudian Jawa Tengah.

Untuk letak Astronominya sendiri berada di 108°20’ hingga 108°40’ pada Bujur Timur, dan  Lintang Selatannya berada 7°40’20” kemudian hingga 7o41’20”.

Lebar dan juga luas wilayah pada Kabupaten Ciamis juga tidak terlalu kecil, luasnya sebesar 244,479 Ha sama dengan 7,73% hasil dari keseluruhan luas pada daratan Propinsi yang ada diJawa Barat.

Kabupaten Ciamis juga hanya dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan yang tinggi, dikarenakan ada sebuah kebijakan ekspansi yang terjadi Kabupaten yang ada di Jawa tengah tepatnya di Pengandaran, hasilnya Kabupaten Ciamis tidak mempunyai tanah datar berpasir pantai kembali.

KESEHATAN

Setiap kota, kecamatan, maupun kabupaten pastinya memiliki sebuah instansi kesehatan guna membantu pelayanan terhadap masyarakat. Dan pasti mempunyai sebuah klinik Pusat Kesehatan Masyarakat atau biasa kita singkat dengan Puskesmas, jika ada sebuah Puskesmas pastinya harus ada yang menangani yakni Praktik Dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Kabupaten Ciamis memiliki Rumah Sakit Umum yang lumayan besar, seperti Rumah sakit bersalin, Rumah sakit Nirmala, dan juga Rumah sakit Harapan Bunda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *