Ketahui Bahaya Cacing Pita Jika Bersarang Dalam Tubuh Manusia

Semua orang pasti mengenal cacing yang biasa hidup didalam tanah lembab, misalnya di sawah maupun diantara genangan air. Perlu diketahui, cacing memiliki banyak jenis beserta dampak baik maupun buruk yang diperoleh. Salah satunya adalah cacing pita atau disebut cacing taenia.Cacing tersebut termasuk parasit dan dapat berkembang biak dalam tubuh manusia. Tatkala menyerang tubuh, menimbulkan bahaya karena menyebabkan penyakit.

Bahaya Cacing Pita Jika Bersarang Dalam Tubuh Manusia

Sejatinya, cacing pita masuk ke tubuh manusia disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya melalui daging yang tak dimasak dengan benar, diantaranya adalah sapi atau babi. Walaupun terdapat proses mengunyah dan daging dapat dicerna tubuh, cacing akan tetap hidup dan berkembang biak.

Memang, seseorang yang tubuhnya diserang cacing pita tak merasakan gejala apapun. Tak ayal kebiasaan menyantap daging tak direbus matang seakan nikmat, usahakan mengetahui bahaya yang didapat sehingga selalu waspada menyantap daging. Berikut ada 3 bahaya yang harus diketahui, diantaranya adalah:

  1. Menyebabkan Penyumbatan Organ Pencernaan

Seiring berjalannya waktu, cacing pita di dalam tubuh terus berkembang biak dan semakin besar. Hal itu membuat organ pencernaan tidak lancar karena tersumbat cacing, mirisnya lagi penyumbatan pada pankreas, saluran empedu dan organ pencernaan lainnya..

  1. Sistem Saraf Mengalami Gangguan

Jangan salah loh, cacing pita dapat memasuki otak dan melemahkan kinerjanya. Hal tersebut memunculkan kista cacing pada otak maupun sumsum tulang belakang, efeknya timbul kejang-kejang layaknya penderita tumor otak.

  1. Kompilkasi Fungsi Organ Vital

Walaupun seakan tak berbahaya, namun cacing pita yang berkembang biak di tubuh dapat menjangkau semua organ. Salah satunya organ vital seperti mata, jantung dan lainnya. Akibatnya penderita akan mengalami kebutaan jika sudah parah.

Apapun yang terjadi memang tak dapat disangkal, walaupun bahaya cacing pita membuat tubuh ringkih. Usahakan mengimbangi aktifitas dengan makanan yang mudah diserap jika tubuh terlanjur digerogoti cacing pita, menerapkan hidup sehat dan lakukan pengobatan harus dilakukan agar fungsi organ tubuh tidak memburuk.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *