Jenis Kunci Gitar Akord

Dalam bermain gitar, wajib hukumnya kita dalam mengenal jenis-jenis kunci gitar. Mengapa? karena kunci gitar merupakan hal dasar dan yang paling standar untuk menunjang permainan anda. Ketika anda belajar gitar sekalipun anda tetap harus menghafal kuncinya gitar pertamanya. Untuk selanjutnya kunci gitar ini yang bisa anda praktekkan dalam sebuah lagu. Untuk jenis kunci gitar terbagi menjadi 4 garis besar. Dimana masing-masing memiliki ciri-ciri dan Penjelasan yang berbeda-beda. Keempat ciri tersebut adalah kunci mayor, kunci minor, Augmented dan Diminished. Bagi anda yang penasaran apa itu penjelasan dari masing-masing kunci diatas, bisa simak artikel dibawah ini.

#1. Kunci Gitar Mayor

Yang pertama adalah kunci dasar mayor. Mungkin anda sudah paling kenal dengan kunci gitar yang satu ini. Contohnya kunci C mayor dan kunci A mayor. Kunci Gitar Mayor merupakan salah satu kunci gitar yang paling mendasar. Untuk memulai mempelajari kunci gitar ini kita bisa melihat sebuah chord A mayor.

Dari kunci A ini nantinya bisa dibentuk menjadi macam-macam jenis kunci gitar turunan. Untuk nada pertama yang bisa terbentuk dari kunci A ini adalah nada Do yaitu nada dasar (1). Dimana letak dari kunci A ini sendiri ada pada senar nomer 5 dan fret 0 lalu senar nomer 3 dan fret nomer dua. Untuk nada selanjutnya adalah nada C yang jika kita mengikuti aturan doremisasi maka nada C ini ada pada nada yang ke tiga atau nada mi. Letaknya sendiri ada di fret nomer dua dan juga senar nomer dua dalam chord A. Untuk nada yang paling akhir dari kunci A mayor merupakan nada E yang merupakan nada sol atau nada ke lima jika kita hitung dari nada A=do. Untuk letak dari nada E ini terletak di senar nomer enam serta fret nol, senar nomer empat dan fret nomer dua, dan senar nomer satu dan fret nol. Untuk not yang anda bunyikan pada kunci A mayor ternyata sudah bisa mewakili dari segala senat. Dengan begitu semua senar bisa anda petik.

pexels.com

#2. Kunci Gitar Minor

Selain kunci gitar mayor, ada juga kunci gitar minor. Keunikan dari kunci gitar minor ini ternyata polanya hanya memiliki sedikit perubahan saja dari pola dan chord-chord mayor. Dengan begitu dalam memainkannya tidaklah sulit. Misalnya saja untuk kunci A minor.

Jika kita lihat ternyata kunci dari A minor ini memiliki pola yang hampir mirip dengan jenis-jenis kunci gitar pada A mayor. Lihatlah! Pada kunci A minor terdapat perubahan pada senar nomer dua dan fret nomer dua yaitu C#. Sedangkan untuk chord gang mayor perubahan bisa kita lihat pada senar nomer dua dan fret ke dua atau C dasar. Dari penjelasan tersebut kesimpulannya adalah not mi atau not ketiga adalah C# dari skala mayor yang sudah dijelaskan. Namun hal ini berbeda dengan kunci minor, untuk kunci C# kita turunkan sebanyak setengah nada sehingga berubah menjadi C dasar. Diluar daripada itu, untuk posisi lainnya yang tidak mengalami perubahan adalah not satu pada A dan juga not nomer lima pada E. Sehingga apabila dalam chord mayor memiliki pola (1,3,5) maka untuk chord minor memiliki pola yang sedikit berbeda yaitu ( 1,3b,5) dimana kunci dasarnya adalah nada Do.

pexels.com

#3. Kunci Gitar Augmented

Selain itu ada juga kunci gitar yang berjenis augmented. Sebenarnya kunci gitar ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari kunci mayor, untuk kunci augmented ini kita hanya bisa menemukan perbedaan satu not dari kunci mayor. Jika kita tinjau ulang dari penjelasan diatas tentang nada A mayor, maka nada dari A+ ini hampir sama, terutama apabila kita lihat pada ketiga senar yang ditekan yaitu untuk senar nomer dua, tiga dan empat. Namun untuk kunci dari A+ ini terjadi penambahan yaitu untuk senar di nomer satu dan fret pertama.

Dimana pembentukan dari kunci gitar augmented adalah (1,3,5#) dimana untuk kunci dasarnya adalah kunci do. Untuk not nomer lima ini dinaikkan sebanyak setengah nada jadinya adalah 5#. Dengan begitu dalam urutan numerik akan menghasilkan chord yang lebih besar atau kita kenal dengan chord mayor.

pexels.com

#4. Kunci Gitar Diminished

Untuk yang terakhir adalah kunci gitar diminished. Kunci Gitar ini merupakan yang paling asing jika dibandingkan dengan nada kunci lainnya. Jika dilihat perbedaannya dari kunci mayor maka anda akan melihat dua nada yang berbeda. Untuk chord A diminished misalnya, yang terbentuk dari tiga not yang sama, hal itu untuk not do atau not pertama yang memiliki nada dasar di A untuk senar nomer lima dan fret not serta senar nomer tiga dan fret dua. Berikutnya ada untuk nada mi atau nada ke tiga. Dimana nadanya diturunkan menjadi 3b atau diturunkan setengah. Sedangkan yang terakhir adalah nada nomer lima, menjadi 5b atau diturunkan sebanyak setengah nada.

Kesimpulan

Demikian artikel ini kami tulis dengan harapan anda bisa lebih kenal lagi denga jenis-jenis kunci gitar. Jika anda sudah jelas mengenal kunci gitar maka anda hanya perlu mendalami serta mempraktekannya dalam lagu. Untuk masing-masing jenis kunci gitar ini memiliki perbedaan dan karakteristik yang berbeda-beda. Dengan begitu anda jadi lebih mudah lagi dalam mengenal dan mengidentifikasinya satu sama lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *