Macam-Macam Balapan Kuda Yang Ada Saat Ini 

Kamu pernah lihat balapan atau pacuan kuda? Olahraga satu ini memang sudah ada sejak zaman dahulu, sejak berabad abad lalu. Seperti misalnya pada zaman romawi, juga sudah ada  pacuan kereta kuda.

Pacuan kuda juga biasa diselenggarakan oleh orang-orang Nordik, pacuan kuda ini dikenal dengan pacuan kuda milik dewa Odin dengan raksasa mitologi mereka, bernama Hrungnir.

Meski sebuah olahraga, namun pacuan kuda sering berkaitan dengan judi. Beberapa kalangan menyebut olahraga ini sebagai olahraga raja raja.

Pada olahraga ini, kuda akan berpacu melawan peserta lain menuju garis finis, siapa tercepat dialah yang menang.

Macam-Macam Pacuan Kuda

Ada banyak macam pacuan kuda, salah satu yang cukup populer saat ini yaitu pacuan kuda Thoroughbred. Selain itu, ada juga yang tak kalah populer yakni Harnes Racing, pacuan kuda yang populer di Amerika Serikat.

Di banyak negara, olahraga kuda, termasuk latihan dan pembiakannya ikut memunculkan kegiatan ekonomi tersendiri seperti perjudian. Balapan kuda sering dijadikan ajang judi.

Kuda yang menang, bisa menghasilkan banyak uang  bagi pemiliknya. Bagi pemilik kuda jantan yang membiakkan kuda, juga mendapatkan banyak uang.

Pacuan Kuda di Eropa

Di Eropa, negara yang punya sejarah panjang soal olahraga balapan kuda adalah Irlandia. Negara eropa satu ini punya pembiakan

Thoroughbred yang sangat maju. Kuda pejantan Thoroughbred terbesar dunia, Coolmore Stud dan kuda Red Rum yang terkenal ada di Irlandia.

Beberapa pelatih olahraga balapan kuda yang cukup terkenal di Irlandia seperti Aisan O’Brien, Demot Weld dan John Oxx. Pemenang beberapa kali Piala Emas, Best Mate juga berasal dari negara ini. Sedangkan beberapa joki yang populer mereka adalah Michael Kinane, Johnny Murtagh, Kieren Fallon, Paul Caeberry dan Ruby Walsh.

Pacuan Kuda di Asia

Di Asia, olahraga balapan kuda berada di Malaysia, Kongkong dan Makau. Di Jakarta pernah dibuka gelanggang untuk olahraga ini tahun 1970an. Namun kemudian ditutup pada 1980. Menurut beberapa sumber, penutupan ini terkait pelarangan perjudian pacuan kuda di Indonesia.

Pacuan kuda di Indonesia

Di tanah air sendiri, kini pacuan kuda merupakan salah satu cabang olahraga profesional yang di lombakan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Selain itu, di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), balapan kuda masih eksis dan cukup populer sampai saat ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *