Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Ketahuilah bahwa kunyit merupakan bahan rempah yang memiliki khasiat bagus untuk kesehatan dengan kandungan antioksidan tannin, zat aktif kurkumin, saponin, sesquiterpenes, alkaloid, dan phlobotamin  sehingga manfaat kunyit untuk kesehatan sangatlah banyak, terutama masalah pencernaan.

 

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Sudahkah kalian mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan? Yuk cari tahu informasi lebih lanjut dalam penjelasan di bawah ini.

 

  1. Meredakan peradangan

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat meredakan peradangan, hal tersebut dikarenakan kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mengatir enzim penyebab inflamasi yang akan membantumu menurunkan kadar histamin di kelenjar adrenal.

 

Ketahuilah bahwa kunyit menjanjikan untuk mengatasi penyakit terkait peradangan mulai dari penyakit sindrom koroner akut, aterosklerosis, kardiovaskular, diabetes, dan kanker.

 

  1. Mengobati maag

Ternyata manfaat kunyit sejak lama memang sudah dikenal sebagai obat pencernaan secara alami, bahkan juga mampu mengatasi permasalahan maag yang bisa dibuat teh kunyit hangat sehingga mampu meradakan rasa nyeri dalam jangka lama karena mampu melindungi perut dari iritan dan luka pada bagian dinding lambung.

 

Hal tersebut dikarenakan adanya kurkumin dalam kunyit yang bekerja mengendalkikan produksi asam lambung maupun empedu yang berlebihan.

 

  1. Mengurangi mual

Kalian juga dapat mengkonsumsi kunyit untuk mengurangi rasa mual yang diracik dengan bubuk lada hitam. Dengan adanya kurkumin yang terserap ke dalam aliran darah pastinya membuat kinerja organ dalam tubuh menjadi stabil sehingga menghindarkan dari rasa mual yang berlebihan.

 

  1. Meredakan nyeri haid

Ketika mengalami nyeri haid kita disarankan untuk mengkonsumsi ramuan kunyit sebagai obat alami yang memang dapa bekerja melemaskan kontraksi rahim. Selain itu, kurkumin juga akan membantu mengurangi aliran ion kalsium yang masuk ke dalam sel epitel rahim sehingga mampu meminimalkan produksi prostaglandin sehingga menghindarkan rasa sakit maupun peradangan.

 

Bahkan, bisa juga untuk mengatasi sakit yang disebabkan oleh perut kram. Terlebih kunyit juga mengandung zat aktif saponin, antioksidan tannin, alkaloid, phlobotamin, dan sesquiterpenes yang aman dikonsumsi oleh wanita untuk mengatasi sakit nyeri haid.

 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat kunyit untuk kesehatan yang sangatlah banyak dari berbagai kandungan zat aktif yang dimilikinya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *