Manfaat Nasi Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Selain nasi yang terbuat dari beras, di Indonesia sendiri terdapat nasi jagung. Nasi jagung sendiri sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan untuk beberapa penyakit tertentu, para  dokter menyarakan agar mengkonsumsi nasi jagung sebagai makanan pokok. Bukan hanya itu saja, nasi jagung pun mempunyai beberapa manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Adapun manfaatnya antara lain sebagai berikut.

1. Mencegah Anemia

Pada dasarnya anemia merupakan salah satu penyakit dimana tubuh kekurangan zat besi. Anemia sendiri merupakan kondisi dimana otot serta jaringan di dalam tubuh tidak menerima oksigen yang cukup untuk bekerja secara efektif. Untuk mencegah terjadinya anemia, seseorang disarankan untuk mengkonsumsi nasi jagung. Karena nasi jagung sendiri merupakan sumber zat  besi nabati yang sangat bagus sekali dan bagus untuk mencegah anemia. Bukan hanya itu saja, nasi jagung yang kaya akan folat akan membantu tubuh membuat sel darah merah.

2. Mampu Mengontrol Diabetes

Selain mampu mencegah anemia, nasi jagung pun sangat bagus untuk mengontrol diabetes. Makanan yang kaya akan serat serta bebas dari gluten ini sendiri memang sangat bagus sekali jika dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan jagung akan mengontrol kadar aliran darah serta mampu mengontrol insulin, dan mengurangi kadar gula yang ada di dalam darah. Maka tidak heran jika nasi jagung sendiri sangat baik untuk mengontrol diabetes.

3. Menyehatkan Kulit

Bagi anda yang ingin mempunyai kulit sehat, maka tidak perlu mengeluarkan perawatan yang besar. Pasalnya dengan mengkonsumsi nasi jagung, anda akan mempunyai kulit yang sehat. Karena pada jagung sendiri mengandung vitamin C serta likopen yang mampu meningkatkan kolagen serta mencegah sinar UV yang dihasilkan dari radikal bebas yang mampu merusak kulit. Bukan hanya itu saja, antioksidan yang ada di dalam jagung pun mampu mencegah penuaan dini, sehingga kulit pun akan senantiasa sehat.

  1. Mencegah Peradangan

Bagi anda yang mempunyai peradangan, mengkonsumsi nasi jagung mejadi pilihan yang tepat. Pasalnya, di dalam jagung sendiri terdapat protein serta fitokimia mampu melindungi tubuh dari agen proinflamasi. Maka dari itu, tidak heran jika orang yang mempunyai peradangan, nasi jagung menjadi bahan pokok yang sangat dianjurkan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *