Mengenal Manfaat Media Sosial Bagi Pelajar  

Dunia sekarang ini telah berada pada titik modernisasi di mana semua bidang telah mengalami kemajuan yang sangat  pesat khususnya dalam bidang teknologi. Kemunculan media sosial menjadi salah satu contoh dari adanya kemajuan teknologi. Media sosial pertama kali muncul era  2000 di mana terdapat beberapa media sosial yang bisa digunakan saat itu.

Penggunaan media sosial sendiri pada mulanya adalah untuk menghubungkan antara beberapa agar bisa berkomunikasi melalui dunia maya. Dengan adanya media sosial maka setiap orang bisa terhubung dengan menggunakan handphone yang dimiliki di manapun dan kapanpun. Facebook menjadi salah satu media sosial yang serong digunakan saat itu.

Apa Itu Media Sosial?

Jika berbicara mengenai media sosial pastinya sudah bukan menjadi hal yang asing lagi untuk di dengar. Meskipun sudah sering di dengar oleh siapapun tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang hanya menggunakan media sosial saja tanpa mengetahui maksud dan tujuan dari keberadaan media sosial itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa media sosial merupakan sebuah media online yang dimanfaatkan sebagai sarana untuk pergaulan sosial oleh para penggunaanya agar bisa saling terhubung, berkomunikasi, berbagi, networking dan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan lain. Pada umumnya media sosial menggunakan teknologi berbentuk website atau aplikasi yang dapat mengubah kemunikasi ke dalam bentuk dialog interaktif.

pexels.com

Dialog interaktif yang bisa digunakan dalam menggunakan media sosial sekarang ini tidak hanya terbatas dalam tekss saja melainkan bisa menggunakan gambar, vidio, audio dan yang lainnya. Sekarang ini tersedia banyak sekali media sosial yang bisa digunakan oleh masyarakat dunia salah satunya yaitu facebook. Jika dilihat dari awal lahirnya media sosial facebook menjadi salah satu media sosial yang kemunculannya cukup awal.

Facebook sendiri pertama kali diluncurkan pada bulan januari 2004 dan pendirinya sendiri adalah mark zuckerberg. Pada awal kemunculannya facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat digandrungi oleh setiap orang di dunia. di indonesia sendiri hampir setiap orang memiliki akun  facebook yang berguna untuk menghubungkan antara satu orang dengan yang lainnya.

Facebook sendiri bisa digunakan untuk berbagai hal diantaranya seperti untuk mengupdate status berbentuk tulisan, mengupload foto atau gambar, mengupload vidio, audio dan yang lainnya. Pada awal kemunculannya facebook hanya digunakan sebagai jejaring sosial yang berguna untuk menghubungkan setiap orang di dunia maya.

Sekarang ini seiring dengan berjalannya waktu selain bisa digunakan untuk bersosialisasi di dunia maya tetapi facebook juga bisa digunakan untuk jual beli, mencari kerja, mencari informasi dan masih banyak lagi manfaat lain yang dimiliki oleh facebook. Sehingga tidak heran apabila facebook menjadi salah satu media sosial yang jumlah penggunaanya selalu bertambah setiap waktunya.

pexels.com

Manfaat Media Sosial Bagi Pelajar

Keberadaan media sosial apabila digunakan dengan baik tentunya akan memberikan dampak positif bagi setiap orang. Dalam dunia pelajar media sosial juga bisa memberikan manfaat yang sangat besar apabila digunakan dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa manfaat media sosial Hack FB bagi dunia pelajar.

  1. Menciptakan komunitas pelajar

Seperti yang kita tahu bahwa kurikulum pelajaran yang digunakan sekarang ini kebanyakan menuntut para pelajar agar bisa bekerja berkelompok dan mengeerjakan berbagai tugas dari para guru. Dengan menggunakan media sosial facebook maka bisa membantu para pelajar untuk bisa berkomunikasi dan belajar secara kolektif dan efisien dengan cara membentuk sebuah grroup atau komunitas di facebook.

Karena para pelajar tetap bisa terhubung meskipun mereka tidak berada dalam satu tempat atau lokasi. Dengan adanya media sosial para pelajar masih tetap bisa belajar kelompok meskipun berada di rumah masing masing.

  1. Melanjutkan pembahasan pelajaran melalui media sosial

Belajar bersama tentunya menjadi salah satu kegiatan yang sering kita lakukan ketika masih menjadi pelajar. Dulu ketika kita ingin belajar kelompok maka kita harus berkunjung ke rumah teman untuk belajar bersama. Tetapi sekarang ini dengan adanya media sosial seperti facebook para pelajar bisa menghemat waktu dan tenaga.

Karena tanpa harus pergi ke rumah teman atau berkumpul di lokasi tertentu mereka tetap bisa terhubung dan belajar kelompok di rumah masing masing dengan menggunakan media sosial.

  1. Menambah wawasan

Selain bisa digunakan untuk menghubungkan orang orang, tetapi media sosial juga memilii manfaat lain salah satunya yaitu untuk mencari informasi. Banyak sekali informasi yang tersedia di media sosial yang mana apabila dimanfaatkan dengan baik maka berbagai informasi yang didapatkan dari media sosial bisa berguna untuk menambah wawasan para pelajar.

  1. Kemampuan marketing pelajar meningkat

Keberadaan media sosial selain bisa menambha wawasan dan bisa digunakan sebagai sarana belajar kelompok. Tetapi sekarang ini banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk berjualan dan bertransaksi. Penggunaan media sosial untuk bertransaksi tentunya juga akan merangsang para pelajar untuk mengamati dan mempelajari cara bertransaksi di dunia maya.

Dengan adanya media sosial facebook secara otomatis kemampuan marketing para pelajar akan meningkat dan pastinya hal tersebut akan berguna untuk kehidupannya sehabis lulus sekolah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *