Mengenal Silk Poster Dan Cara Membuat Poster Sederhana

Poster merupakan media dua dimensi yang berisi kombinasi gambar dan tulisan hingga kombinasi warna menarik yang memberikan informasi suatu hal kepada pembaca umum. Poster dibuat untuk menyampaikan suatu informasi kepada banyak orang. Informasi yang disampaikan bisa beragam tergantung dari jenis poster yang dibuat. Apakah informasi mengenai pendidikan, mengenai kesehatan, atau informasi mengenai sebuah kegiatan yang akan berlangsung. Semua itu tergantung jenis poster yang dibuat.

Selain itu juga, dengan kemajuan dalam percetakan menjadikan poster tidak hanya dicetak pada lembaran kertas biasa saja. Saat ini poster sudah dapat dicetak dalam berbagai jenis kertas dari yang biasa hingga kertas tertentu yang memberikan efek menarik bagi poster tersebut. Bahkan poster bisa dicetal pada lembaran kain sutra yang disebut dengan silk poster.

Apa itu silk poster? Mari kita mengenal silk poster lebih lanjut. Silk poster merupakan poster yang dicetak pada lembaran kain sutra. Hasil poster yang dicetak juga akan sama seperti jika dicetak dalam lembaran kertas biasa. Silk poster merupakan salah satu hasil kemajuan teknologi dalam bidang percetakan. Bukan hanya teknologinya saja namun juga kemajuan daya pikir manusia yang bisa menciptakan ide atau kreasi pencetakan poster pada media lainnya.

Silk poster merupakan salah satu trend poster yang saat ini tengah menjadi pusat perhatian banyak mata lantaran anda dapat mencetak suatu gambar atau tulisan pada lembaran kain sutra. Namun sebelum mengenal silk poster dan membuat custom silk poster, akan lebih baik jika anda mengetahui dulu mengenai pengertian umum poster, ciri-ciri poster, hingga cara membuat poster yang umum.

unsplash.com

Ciri-Ciri Poster Pada Umumnya

  • Kombinasi gambar dan tulisan

Ciri yang paling umum dari sebuah poster adalah poster tersebut terbuat dari kombinasi desain gambar dan tulisan yang ditorehkan dalam lembaran kertas. Desain gambar dan tulisan yang dikombinasikan harus kontras agar membentuk poster yang menarik dan enak dilihat oleh banyak mata.

 

  • Kombinasi warna yang kontras dan kuat

Bukan hanya kombinasi desain warna dan tulisan saja yang harus kontras agar bisa disebut sebagai suatu poster. Kombinasi warna yang ada pada poster juga harus kontras dan memiliki warna yang kuat. Oleh karena itu, desain saat membuat poster harus sangat diperhatikan agar warna yang dikombinasikan tidak saling benturan.

 

  • Ditempelkan pada tempat umum

Ciri umum lainnya suatu poster adalah, selebaran tersebut ditempelkan pada suatu tempat atau tempat-tempat umum yang dilalui banyak orang. Meskipun tidak menutup kemungkinan jika selebaran poster dapat dibagikan juga. Tetapi pada umumya poster akan ditempelkan sehingga memudahkan orang dalam membaca informasi yang ada pada poster tersebut.

 

  • Penggunaan bahasa poster

Penggunaan bahasa dalam poster harus singkat, padat, dan jelas. Hal tersebut dikarenakan ukuran poster juga memudahkan pembaca agar mudah menangkap informasi yang ingin disampaikan poster. Pembaca umumnya tidka menyukai kalimat yang berbelit dan susah dimengerti untuk suatu informasi. Oleh karena itu, poster biasanya memiliki ciri penulisan yang singkat, padat, dan jelas.

Setelah anda mengenal pengertian poster dan ciri poster pada umumnya, anda bisa melakuakn percobaan kecil dengan membuat poster yang sederhana. Dalam membuat suatu poster juga memiliki beberapa tahapan atau tips yang bisa anda gunakan agar menghasilkan poster yang memuaskan dan sesuai denga keinginan anda. Membuat poster tersebut tentunya tidak akan bisa lepas dari ciri umum poster yang sudah disebutkan. Dengan begitu anda juga bisa mengenal silk poster melalui ciri-ciri poster secara umum yang sudah disebutkan.

unsplash.com

Cara Membuat Poster Yang Sederhana

  • Menentukan topik dan tujuan poster

Sebelum membuat desain poster, terlebih dahulu anda harus menentukan topik poster dan tujuan dari poster tersebut. Topik dan tujuan poster tersebut digunakan untuk menyampaikan informasi yang ingin disampaikan melalui poster tesebut. Jangan sampai topik poster dan tujuan poster akan berbeda dan menghasilkan persepsi yang berbeda dalam penyampaiannya.

 

  • Tentukan kalimat poster

Seperti yang sudah disebutkan dalam ciri umum poster bahwa poster memiliki kalimat singkat, padat, dan jelas. Sebelum membuat poster, akan lebih bagus jika anda sudah menentukan desain kalimat poster tersebut agar informasi yang ingin disampaikan dapat tersampai secara singkat, jelas, dan padat.

 

  • Komposisi desain

Selain kalimat dalam poster yang perlu diperhatikan dan di tentukan dahulu, komposisi desain juga perlu diperhatikan dan ditentukan. Kombinasi desain poster meliputi desain gambar, desain tulisan, hingga warna yang akan digunakan. Semua kombinasi tersebut harus kontras agar tidak terjadi saling tumpang tindih satu sama lain.

 

  • Lokasi poster

Setelah desain poster dibuat dan poster dicetak, tentunya anda membutuhkan tempat atau lokasi untuk menempelkan poster tersebut. Untuk menempelkan poster, anda tidak bisa menempelkan poster tersebut pada sembarang tempat. Tempelkan poster sesuai dengan topik dan tujuan poster yang telah dibuat. Jika poster tersebut merupakan poster mengenai hal umum, anda bisa menempelkan poster tersebut pada tempat-tempat umum yang biasa di gunakan untuk menempelkan poster. Jadi tidak bisa sembarangan menempelkan poster justru akan mengganggu dan merusak lingkungan.

Setiap orang atau instansi bebas membuat dan menempelkan sebuah poster dengan catatan poster tersebut mengandung informasi yang jelas dan tidak menyinggung suatu kberadaan kelompok masyarakat atau bersifat ajakan kearah hal yang buruk atau negatif.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *