Mengenal STAN

Ada banyak perguruan tinggi di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Di antara perguruan tinggi tersebut ada beberapa yang menjadi favorit karena jebolannya terkenal berkualitas atau fasilitas kampusnya yang memadai. Salah satu di antara kampus favorit di Indonesia ada nama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau biasa disebut STAN yang merupakan sekolah tinggi keuangan Indonesia.

STAN juga menjadi favorit karena berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Setiap lulusannya memang ditujukan untuk menjadi tenaga ahli di bidang keuangan negara. Hal ini terkamktub dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 71/KMK.05/2008 tanggal 31 Maret 2008, di mana STAN ditetapkan sebagai Instansi Pemetintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Nantinya, para lulusan STAN akan memiliki spesialisasi bidang tertentu, seperti Akuntansi, Pajak Bumi dan Bangunan, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, Perpajakan, Kepiutanglelangan, dan sebagainya.  Tak heran, jika kampus yang berlokasi di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Tangerang Selatan, Banten ini diminati siswa dari berbagai provinsi di Indonesia. Yuk, mengenal STAN lebih dekat!

pxhere.com

Beberapa Program yang Tersedia di STAN

STAN memiliki beberapa Program Diploma Pendidikan di Bidang Keuangan yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswanya, yaitu sebagai berikut:

  1. Program Diploma I Keuangan Spesialisasi
  • Kepabeanan dan Cukai
  1. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi
  • Kebendaharaan Negara/Akuntansi
  • Pajak
  • Kepabeanan dan Cukai
  • Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Penilai Pajak Bumi dan Bangunan
  • Akuntansi Pemerintahan
  1. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
  2. Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
  3. Program Diploma IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi (Reguler dan Khusus)

Para lulusan program Diploma I dan Program Diploma bisa menyandang status Calon PNS dan wajib bersedia untuk ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penempatan ini bisa dipusat maupun daerah. Penempatan para lulusan STAN juga sudah jelas sesuai dengan program studi yang diambil.

Ada yang ditempatkan di Sekretariat Jenderal Inspektorat Jenderal, Badan Kebijakan Fiskal, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Dirjen Pajak, Dirjen Perimbangan Keuangan, Dirjen Pembendaharaan negara, Dirjen Anggaran, Dirjen Kekayaan Negara, Dirjen Bea Cukai, Dirjen Pengelolaan Utang, dan lain sebagainya. Sementara, di instansi luar Kementerian bisa di BUMN, BPK, BPKP, dan sebagainya.

Cukup cerah memang masa depan para mahasiswa yang bisa merasakan bangku pendidikan di STAN. Hanya saja, untuk bisa berkuliah di STAN, perjuangan para siswa terbilang tidak mudah. Para pelamar terbaik harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar terbiak lainnya dari seluruh pelosok tanah air. Inilah yang membuat perjuangan masuk STAN harus dihadapi dengan persiapan matang.

Jika tertarik untuk kuliah dan mengenal STAN lebih dekat, para siswa yang baru lulus SMA harus fokus menjalankan beberapa tips berikut:

pxhere.com

  1. Kuatkan niat dengan semangat belajar

Tidak ada orang yang berhasil meraih impian, tanpa belajar. Belajar adalah salah satu usaha awal untuk mencapai target yang dituju. Karenanya, mulai sekarang kuatkan niat dan aturlah jadwal belajar khsusus seputar STAN. Bisa juga dengan mengikuti bimbel STAN khusus.

  1. Latihan mengerjakan soal

Setelah menguasai materi, uji diri sendiri dengan terus menerus latihan mengejakan soal dengan berbagai tipe. Ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menganalisis soal dan melatih efektivitas pengerjaan soal. Latih diri dengan menyelesaikan setidaknya 5 soal setiap hari dengan presentasi jawaban benar 100%.

  1. Ikuti try out

Sudah melatih diri sendiri dengan mengerjakan soal, latih juga diri dengan mengikuti berbagai try out yang banyak dilaksanakan menjelang tes. Hal ini tentu saja untuk mengetahi kemampuan jawaban soal secara akurat. Jika malas untuk mencari atau mengikuti try out di luar, biasanya try out khusus pada bimbel STAN seringkali dilaksanakan di setiap minggunya, jangan absen.

  1. Menentukan target nilai

Target nilai penting dimiliki agar melatih semangat mendapatkan nilai terbaik. Dengan memiliki target nilai tertentu, kita akan selalu berusaha keras untuk mengerjakan setiap soal dengan baik dan benar. Target nilai ini harus konsisten pada setiap try out dan ujian tertentu.

  1. Siapkan mental

Diterima atau ditolak, berikanlah yang terbaik. Agar dapat memberikan yang terbaik, mental harus disiapkan secara matang agar menjadi sekuat baha. Jangan pernah kalah dan menyerah sebelum perang. Sebab, itu akan menjadi penghambat terbesar untuk lulus.

pxhere.com

  1. Bedoa

Jika usaha sudah dilakukan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin, maka tinggal berdoa sebagai penguncinya. Percayalah, berdoa akan menjadi obat ampuh untuk meraih target. Berdoa pada Tuhan agar kita senantiasa bisa memberikan yang terbaik pada diri sendiri dan orang tua.

Good luck!