Mengintip Keunikan Tanah Ngapak, Kabupaten Banyumas

Banyumas, terkenal dengan logat bahasanya yang paling unik yang bahkan kini banyak diangkat ke media penyiaran. Daerah di Provinsi Jawa Tengah ini tak hanya miliki keunikan bahasa, namun juga miliki udara sejuk yang sangat cocok untuk sektor pariwisata. Berada di kaki Gunung Slamet membuat daerah ini mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Nah, untuk mengenal lebih dekat Kabupaten Banyumas, Yuk simak ulasan berikut.

Uniknya Tanah Ngapak Yang Wajib Diketahui

  1. Daerah Yang Miliki Ibu Kota Kabupaten

Banyumas merupakan sebuah daerah di Jawa Tengah yang memiliki Ibukota Kabupaten yakni Purwokerto. Purwokerto menjadi daerah yang tidak otonom karena pusat pemerintahannya masih merupakan bagian dari Kab. Banyumas sendiri. Sebelumnya, Purwokerto menjadi kota administratif , namun setelah empat kecamatan bergabung menjadikan Purwokerto sebagai kota.

  1. Miliki Universitas Negeri

Tak hanya memiliki potensi wisata yang baik, Kabupaten Banyumas juga memiliki universitas negeri sendiri. Universitas Jenderal Soedirman  yang masuk ke dalam 10 universitas paling baik di Indonesia. Tentunya ini akan semakin meningkatkan sektor pendidikan di kabupaten ini. Para anak mudanya tidak perlu jauh jauh untuk menempuh pendidikan tinggi hingga keluar kota.

  1. Punya Destinasi Wisata Alam Melimpah

Sektor wisata alam di Banyumas tak kalah cantik dan eksotis. Keindahan air terjun, telaga hingga wisata agrowisatanya, tidak bisa dilewatkan begitu saja. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi adalah wisata alam Baturaden. Menyajikan keberagaman flora fauna hingga pemandian air panas yang sangat pas untuk melepas lelah. Sehingga banyak yang mengatakan belum ke Banyumas jika belum ke Baturaden.

  1. Dialiri Sungai Serayu

Banyumas juga memiliki aliran sungai Serayu yang panjangnya hingga 181 km. Sungai ini melewati lima kabupaten di Banyumas yang juga tawarkan spot indah. Spot indah tersebut bisa dijumpai di daerah Rawolo. Tepian sungai yang didominasi pepohonan jati dan pinus membuat banyak yang berkunjung untuk melepas penat. Tak heran jika beberapa daerah yang dialiri sungai menjadi destinasi wisata juga.

Setiap daerah di Indonesia memang selalu menawarkan keindahan yang berbeda. Seperti halnya Banyumas yang unik dan tentunya memiliki banyak potensi wisata wajib kunjungi. Bukan hanya itu, kuliner khasnya juga mengunggah selera. Tak hanya logat ngapaknya yang menonjol, mengunjungi Banyumas adalah paket lengkap perjalanan wisata yang seru. Tawarkan keindahan alam hingga beragam aktivitas yang bisa dihabiskan di kota satu ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *