Enterpreneur Wajib Tahu, 10 Peluang Usaha Baru Modal Kecil Yang Menjanjikan

Keinginan menjadi pengusaha mungkin muncul dalam setiap benak semua orang. Namun untuk memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan komitmen dan melihat oportunitas usaha agar usaha yang kamu geluti menghasilkan cuan. Kesempatan usaha selalu ada dimana setiap tahun akan selalu ada peluang usaha baru yang menjanjikan. Nah bagi kamu yang akan terjun ke dunia usaha, simak beberapa kesempatan usaha berikut.

Peluang Usaha Menjanjikan Dengan Modal Kecil Yang Harus Kamu Tahu

Usaha Bersifat Online

Saat ini kamu tentu tahu jika dunia online banyak dipilih lantaran lebih praktis dan juga memiliki banyak pilihan. Jika beberapa tahun lalu peluang bisnis secara online memang belum banyak, namun bisa dipastikan akan mengalami peningkatan untuk beberapa tahun ke depan. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat yang semakin hari semakin ingin cepat dan praktis. Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini juga tidak besar berikut beberapa diantaranya.

  • Buka Kursus Online

Jika kamu memiliki keahlian seperti musik, bahasa atau olahraga, peluang bisnis satu ini bisa kamu jadikan inspirasi. Tentu kamu familiar dengan webinar yang memungkinkan seseorang melakukan seminar, diskusi atau talkshow tanpa harus bertatap muka. Usaha ini memiliki peluang yang menjanjikan saat ini karena manusia sekarang sangat akrab dengan teknologi. Kamu hanya butuh koneksi internet, laptop dan portofolio untuk menarik konsumen.

pxhere.com

  • Jasa Pembayaran

Peluang usaha baru ini bisa kamu coba jika kamu memiliki kartu kredit. Dengan membantu teman teman untuk membayar membership beberapa hal seperti streaming musik, video atau situs tertentu. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis dengan menentukan tarif bayar sejumlah beberapa persen. Tidak perlu terlalu mahal namun juga jangan terlalu murah. Usaha ini juga cocok untuk menjadi pekerjaan sampingan kamu.

  • Perantara Barang Branded

Tren hypebeast kini sedang marak di kalangan anak muda, khususnya yang berada di Jakarta dan beberapa kota besar. Barang barang bermerk menjadi buruan meskipun memiliki harga yang mencapai jutaan rupiah. Outfits atau sneaker bekas langka menjadi buruan mereka kini. Nah dibalik tren tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan memanfaatkan akun media sosial kamu bisa membuka jasa perantara dengan menerapkan tarif tertentu.

Peluang Bisnis Makanan dan Minuman

Fakta bahwa semua manusia membutuhkan makanan jika dipikir bisa menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan. Untuk mendapatkan keuntungan yang melimpah kamu harus pandai pandai menargetkan target pasar dari usaha kamu. Semakin hari kamu pasti bisa mengamati kuliner yang seperti apa yang diminati oleh masyarakat kini. Bisnis satu ini menjadi bisnis yang bisa dikembangkan secara online dan offline.

  • Waralaba Makanan dan Minuman

Peluang bisnis hanya bermodalkan budget dibawah Rp. 5 jutaan maka bisnis waralaba makanan dan minuman bisa menjadi pilihan. Waralaba menjai bisnis yang banyak digeluti para pemula. Sebab selain membutuhkan modal yang tidak besar, kamu juga bisa mendapatkan pelatihan dari perusahaan waralaba tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan peralatan yang telah disediakan. Kemampuan mengelola sangat dibutuhkan jika kamu memilih bisnis satu ini.

pxhere.com

Snack Pedas

Tidak hanya makanan berat atau minuman yang bisa ciptakan peluang bisnis. Kini masyarakat gemar sekali makan makanan yang memiliki cita rasa pedas. Membuka usaha jajanan ringan yang memiliki cita rasa dengan tingkat pedas yang berbeda sangat menjanjikan saat ini. Kamu bisa memasarkan jajanan ini melalui akun sosial atau bekerjasama dengan beberapa ojek online yang memiliki fitur antar makanan.

  • Angkringan

Angkringan banyak dijumpai di Jawa Tengah dan bisa menjadi peluang usaha baru untuk kamu. Beroperasi di malam hari bisa menjadi salah satu pilihan untuk karyawan atau warga sekitar yang ingin mengisi perut. Angkringan juga identik dengan tempat makan yang murah sehingga pangsa pasar kamu bisa semakin luas. Apalagi jika membukanya di lingkungan sekitar kampus. Untuk membuka usaha ini modal yang butuhkan tidak banyak.

  • Jajanan Pasar

Makanan satu ini seperti tak lekang oleh waktu. Semua generasi sepertinya masih doyan dengan jajanan pasar yang kian beragam. Kamu bisa menjualnya di kantor atau di sekolah dengan menjadi reseller toko jajanan pasar. Namun jika kamu memiliki ketrampilan membuat sendiri kamu juga bisa membuka usaha jajanan pasar. Bermodalkan sedikit kamu sudah merintis usaha satu ini dan pastikan kamu memiliki manajemen yang baik.

pxhere.com

Usaha Rumahan

Membuka usaha dengan memanfaatkan rumah tentunya akan membuat kamu tidak perlu menyediakan dana untuk sewa tempat. Meskipun di rumah bukan berarti peluang usaha baru ini tidak menjanjikan. Usaha rumahan bersifat offline dan jika mengunakan sistem online maka hanya membantu untuk kamu memasarkan saja. Kamu juga bisa menjadikan beberapa pekerjaan rumahan berikut sebagai usaha sampingan di luar pekerjaan utama.

  • Laundry Sepatu

Jika laundry baju telah banyak dijadikan usaha dan membutuhkan modal yang mahal. Maka kamu bisa menjadikan laundry sepatu sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Apalagi semua orang tentu memiliki sepatu, tidak hanya mencuci sepatu dengan harga yang mahal. Namun kamu juga bisa menfasilitasi kaum mager yang selalu malas untuk mencuci sepatunya. Dengan bermodalkan Rp. 2 jutaan kamu sudah bisa merintis usaha satu ini.

  • Warung Kopi

Ini dia usaha yang sedang hits di kalangan anak muda. Membuka usaha kedai kopi yang modern jelas membutuhkan banyak modal, namun jika sebagai usaha rumahan berbeda lagi. Memanfaatkan space yang ada dirumah kamu bisa menyulapnya menjadi warung kopi. Kamu juga bisa tambahkan beberapa menu mie kekinian yang membuatnya makin laris. Jelas peluang usaha baru ini sangat menguntungkan, modal sedikit dan bahan nya mudah untuk didapat.

Setiap tahun tentu selalu ada tren yang sedang trending di kalangan masyarakat. Dengan mencari celah kamu bisa menemukan oportunitas usaha yang menjanjikan dan dengan modal yang kecil. Meskipun kamu menemukan peluang namun jika kamu tidak memiliki komitmen maka semuanya akan menjadi sia sia. Perlu untuk diingat semua usaha baru yang dirintis tidak langsung menunjukkan hasilnya. Kuncinya hanya butuh sabar dan terus berinovasi.