Tahapan dalam Jasa Pembuatan Kolam Renang

Berenang adalah aktivitas yang menyenangkan dan sekaligus menyehatkan. Dengan berenang kita bisa membuat rileks tubuh sejenak di dalam air dan juga membuat kita melakukan olahraga yang tidak terlalu melelahkan. Aktivitas berenang lumrahnya di lakukan di sebuah kolam renang. Baik itu kolam pribadi maupun kolam renang umum. Kalau berenang di kolam renang umum, tentu kita tidak bisa bebas melakukan semua hal yang di inginkan karena kita berenang dengan banyak orang.

Namun, jika menggunakan kolam renang pribadi tentu saja kita bebas melakukan semua hal karena itu hak milik pribadi. Yang jadi permasalahan ketika ingin punya kolam renang pribadi tentu kita harus membuatnya. Namun hal itu tak terlalu jadi problema karena kamu bisa memakai jasa pembuatan kolam renang untuk kolam pribadi di rumah.

Membuat Kolam Renang Pribadi

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika ingin membuat sebuah kolam renang pribadi di dalam rumah. Karena, membuat kolam renang tidak hanya sekedar menggali lubang dan melapisi lubang dengan beton dan semen saja. Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan ketika membuat kolam renang di dalam rumah.

1. Jasa pembuatan kolam renang

Hal pertama tentu saja kamu perlu memanggil orang ahli yang menyediakan jasa pembuatan kolam renang tersebut. Karena dengan begitu maka semua akan beres dilakukan dan kamu tidak perlu repot melakukan segala hal dalam pembuatan. Untuk harga pembuatan kolam renang biasanya di tentukan dari luas kolam dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kolam renang tersebut. Kamu terlebih dahulu tentukan lokasi dan desain dari kolam renang agar penyedia jasa bisa menghitung kisaran anggaran yang harus kamu keluarkan untuk membuat kolam renang tersebut.

2. Bowplank

Pihak penyedia jasa yang telah kamu hubungi akan langsung meninjau lokasi dan melakukan bowplank. Bowplank sendiri adalah proses menentukan papan bangunan. Dalam hal ini, pihak penyedia jasa akan menentukan titik-titik papan bangunan yang telah di tentukan di dalam desain kolam renang yang telah kamu ajukan pada pihak penyedia jasa.

3. Melakukan penggalian

Setelah proses bowplank selesai di lakukan, maka langkah selanjutnya yang di lakukan oleh pihak penyedia jasa adalah menggali tanah di lokasi yang telah di tentukan. Kamu tak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan karena umumnya semua pihak penyedia jasa akan menurunkan orang-orang yang ahli dalam melakukan penggalian tanah kolam renang. Proses penggalian tanah tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan alat berat agar bisa selesai sesuai dengan waktu yang telah di sepakati.

4. Meratakan lantai dasar

Hal berikutnya yang akan dilakukan oleh pihak penyedia jasa adalah melakukan perataan pada lantai dasar kolam renang agar lebih mudah untuk masuk ke tahapan selanjutnya. Jika lantai sudah rata, maka pihak penyedia jasa akan langsung melapisi dengan beton, semen dan batu bata agar tidak terjadi kebocoran ketika kolam renang tersebut di isi dan di aliri dengan air.

5. Besketing

Tahapan berikutnya adalah besketing. Besketing ini adalah proses melapisi kolam renang dengan rangka kayu dan juga besi agar kolam renang tersebut kokoh dan awet. Di tahapan ini pula akan dilakukan proses pemasangan pipa dan instalasi listrik.

6. Pembetonan

Setelah tahapan besketing dan lain-lain telah selesai di lakukan, langkah selanjutnya yang akan di lakukan oleh pihak penyedia jasa adalah pembetonan kolam renang dengan semen yang telah di tetapkan sebagai standar keamanan untuk kolam renang. Semua area dari kolam renang tersebut akan di lapisi dengan beton dan semen agar tidak terjadi kebocoran di setiap sisi dan sudut dari kolam renang tersebut.

7. Waterprofing

Langkah selanjutnya setelah semua lapisan kolam renang di semen adalah tahapan waterproofing. Biasanya tahapan waterproofing di lakukan selama dua lapisan agar memastikan semua sudah aman untuk digunakan. Setelah itu pihak penyedia jasa akan melakukan tahapan yang lain yaitu melakukan plesteran pada kolam renang yang telah dua kali di lapisi waterproofing.

8. Test kebocoran

Jika semua sudah selesai di lakukan, maka tahapan berikutnya adalah dengan melakukan test kebocoran pada kolam renang tersebut yaitu dengan cara mengisi air secara penuh. Jika sudah di pastikan aman dan tidak bocor, maka bisa dilanjutkan ke tahapan berikutnya.

9. Finishing

Pada tahapan finishing ini semua hal-hal mendasar terkait konstruksi kolam renang telah selesai dilakukan. Tahapan finishing adalah proses mewujudkan desain dari kolam renang yang di inginkan oleh pemilik kolam renang tersebut. Semua perlengkapan dalam kolam renang yang di inginkan oleh pemilik akan di penuhi oleh pihak penyedia jasa. Pada tahapan ini juga akan di lakukan proses penjernihan air agar tidak terlalu kotor dan tidak menimbulkan penyakit ketika menggunakan kolam renang tersebut.

Kesimpulan

Nah itulah tentang mekanisme pembuatan kolam renang jika kamu menggunakan jasa ahli untuk membuatnya. Akan jauh lebih baik dan selesai sesuai dengan waktu yang di tentukan jika kamu menggunakan jasa pembuatan kolam renang tersebut dibanding dengan membuat sendiri. Sekian dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *