Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Sosiologi adalah salah satu disiplin ilmu yang termasuk ke dalam kategori ilmu sosial. Dalam hal ini sosiologi berasal dari bahasa Latin yakni Socius yang berarti teman. Sedangkan dari bahasa Yunani logos berarti kata, cerita, berbahsa. Jadi secara sederhana sosiologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat. Adapun penggunaan istilah sosiologi ini pertama kali muncul oleh Aguste Comte yakni dalam bukunya yang berjudul Cours De Philosophie Positive.

Pengetian Sosiologi Menurut Para Ahli

Sosiologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari ilmu sosial. Banyak devinisi mengenai pengertian sosiologi. Selain secara bahasa, para ahli juga banyak yang memberikan definisi mengenai sosiologi. Adapun diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pittirim Sorokin

Menurut Pittirim Sorokin sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan dan juga pengaruh timbal balik antara aneka ragam gejala sosial (gejala agama, hukum, ekonomi, politik, dan sebagainya), hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejalan non sosial (geografis, biologis, dan lain sebagainya), dan ciri-ciri umum dari berbagai jenis gejala-gejala sosial.

  1. Ogburn dan Nimkoff

Menurut Ogburn dan Nimkoff sosiologi adalah penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yakni organisasi sosial.

pexels.com
  1. Soemardjan dan Soemardi

Menurut Soemardjan dan Soemardi sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang struktur sosial, proses sosial, dan termasuk perubahan sosial.

  1. Roucek dan Waren

Menurut Roucek dan Waren sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara manusia dengan kelompoknya.

  1. Max Weber

Menurut Max Weber sosiologi memiliki pengertian yaitu ilmu yang berupaya memahami tindakan-tindakan sosial.

  1. Mayor Polak

Mayor Polak mendefinisikan bahwa sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari terkait masyarakat secara keseluruhan yakni hubungan antara manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik itu dari kelompok formal atau material atau kelompok statis atau dinamis.

  1. Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto mengartikan bahwa sosiologi adalah ilmu yang fokus pada segi kemasyarakatan yang memiliki sifat umum dan berusahan untuk mendapatkan pola umum dalam kehidupan masyarakat.

  1. Paul B. Horton

Paul B. Horton berpendapat bahwa sosiologi merupakan ilmu yang lebih berpusat pada penelaah di dalam kehidupan kelompok dan juga produk kehidupan dari kelompok tersebut.

Nah dari berbagai pendapat diatas kita dapat menyipulkan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial manusia baik secara individu maupun kelompok. Nah untuk Anda yang ingin mempelajari materi tentang ilmu sosiologi dan berbagai pengetahuan lainnya, Anda dapat mengakses situs materibelajar.co.id yang menyediakan berbagai materi belajar online secara gratis.

pexels.com

Objek Kajian Sosiologi

Sosiologi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sangat penting untuk dipelajari. Di dalam sosiologi kita bisa belajar tentang berbagai perilaku sosial yang terjadi dalam kelompok masyarakat. Nah sebagai disiplin ilmu pengetahuan, sosiologi juga memiliki objek kajian yang jelas. Dalam hal ini objek kajian dari ilmu sosiologi adalah manusia lebih khususnya lagi pada aspek sosial dari manusia. Dalam hal ini terdapat banyak kajian dari sosiologi mulai dari fakta sosial, konflik sosial, rasionalitas dan tindakan sosial, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa objek dari kajian ilmu sosiologi:

  1. Objek budaya

Sosiologi memiliki kajian dengan objek budaya yang mana kajian ini mengkaji tentang faktor yang mempengaruhi interaksi antar manusia di dalam masyarakat.

  1. Objek formal

Dalam hal ini sosiologi mengkaji manusia sebagai makhluk sosial dan juga interaksi antara manusia dengan manusia serta proses yang timbul dari interaksi manusia di dalam masyarakat.

  1. Objek agama

Dalam hal ini sosiologi mengkaji tentang faktor yang dapat memicu dalam interaksi sosial masyarakat serta pengaruhnya pada hubungan manusia dalam masyarakat.

Fungsi Sosiologi

Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi tentu memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan. Beberapa fungsi dari sosiologi yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk membantu mengkaji suatu perencanaan sosial. Dalam hal ini sosiologi dapat digunakan untuk membantu pemetaan sosial masyarkat yang nantinya akan digunakan sebagai dasar suatu lembaga dalam membuat kebijakan atau perencanaan sosial. Nah pemetaan ini tentunya memiliki tujuan agar perencaan atau kebijakan yang akan dibuat dapat lebih efektif serta tepat guna dalam mengatasi masalah sosial yang terjadi di masyarakat.
  2. Fungsi dalam pembangunan sosial. Dalam hal ini sosiologi dapat membantu meningkatkan kualitas masyarakat dari sisi sosial dan juga budaya termasuk budaya, aspek struktur sosial, dan proses sosial.
  3. Sebagai penelitian sosial. Dalam hal ini sosiologi sebagai ilmu memiliki kemampuan riset yang cukup memadai. Dalam ilmu sosiologi penelitian atau riset merupakan hal yang harus dikuasai baik dengan metode kualitatif atau kuantitatif. Dengan riset ini kita bisa melihat gejala dan fakta yang terjadi di masyarakat secara objektif dan empiris. Nah dari data lapangan tersebut kemudian digunakan untuk mengambil suatu langkah guna mengatasi sebuah permasalahan.

Itulah beberapa fungsi dari ilmu sosiologi. Yang jelas dari pengertian sosiologi kita dapat memahami bahwa sosiologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial manusia dalam masyarakat. Sosiologi juga memiliki fungsi penting mulai dari sebagai bahan pemetaan untuk merancang sebuah kebijakan agar lebih terarah, membantu meningkatkan kualitas masyarakat dari sisi sosial, dan sebagainya.

Leave a Comment