Penyenan, Gajala dan Cara Mengobati Kutu Air

Kutu Air –  Pernahkah kamu mengalami kejadian seperti halnya kutu air? Jika benar demikian, pernah mengalami kutu air, itu tandanya kamu perlu penanganan lebih lanjut pada masalah ini. Omong-omong soal kutu air, jadi kutu air ini adalah infeksi jamur pada sela-sela bagian tubuh tertentu yang sering kali terkena air seperti halnya sela jari tangan atau sela jari kaki. Nah! Biasanya, kutu air ini menyebabkan kondisi sela-sela kaki atau tangan menjadi gatal bahkan cenderung perih. Tidak hanya itu saja. Kutu air dapat menjadi semakin parah bahkn kondisinya menyebar ke seluruh bagian kulit lainnya.

1) Sebab-sebab Terjadinya Kutu Air

Terjadinya kutu air pada sela-sela jari memang tidak dapat dipungkiri. Nah! Beberapa di antara penyebab terjadinya kutu air yakni salah satunya karena jamur. Nah! Berbagai macam jamur sebenarnya dapat menyebabkan kutu air. Namun, paling sering adalah jamur penyebab kurap atau kita biasa menyebutnya dermatophytes. Biasanya jamur-jamur ini tumbuh dan berkembang di lingkungan yang lembap seperti halnya kamar mandi. Tahu tidak? Penyakit kutu air ini juga dapat menular, lho! Salah satu penularannya adalah melalui sentuhan secara langsung antara kulit yang terinfeksi jamur kutu air dengan kulit yang masih sehat.

2) Gejala Timbulnya Kutu Air

Beberapa gejala timbulnya penyakit kutu air mungkin kamu baru akan merasakan gatal-gatal pada sela-sela bagian jari tertentu. Tampilan fisiknya juga akan dijumpai berupa ruam gatal bersisik pada sela. Gejala lain yang bisa dirasakan dari timbulnya kutu air ini yakni bisa saja kulitmu tampak seperti melepuh, hanya saja rasanya memang teramat gatal. Lama kelamaan kulit yang terinfeksi jamur kutu air ini akan mengering, menebal kemudian biasanya muncul pecah-pecah pada permukaan kulit.

3) Cara Mengatasi Kutu Air

Bagi sebagian orang, kutu air dianggap sebagai sesuatu yang riskan karena cukup mengganggu aktivitas. Namun, tidak perlu risau. Kini terdapat beberapa penanganan untuk mengatasi kutu air. Salah satunya dengan cara menghindari pemakaian kaos kaki yang terlalu tebal. Pemakaian kaos kaki yang terlalu tebal dapat menimbulkan kulit gerah dan berkeringat serta menjadikan kulit kaki gatal. Lain dari pada itu, usahakan kaki kamu selalu dalam keadaan bersih dan juga kering. Mengurangi aktivitas di kolam renang dan kamar mandi umum, memakai kaos kaki yang bersih, serta mengenakan sendal saat beraktivitas di luar ruangan.

Leave a Comment