Beragam Bahan Material Plafon Minimalis yang Apik Untuk Desain Rumah

Trend rumah minimalis merupakan salah satu primadona untuk dijadikan desain ruangan yang apik. Gaya arsitektur yang minimalis, membuat rumah dengan ukuran yang kecil menjadi lebih nyaman untuk digunakan. Namun, anda harus memperhatikan bahan material yang akan digunakan untuk membuat rumah tampak minimalis. Nah yuk simak bahan material plafon minimalis yang bagus untuk arsitektur rumah.

Bahan Plafon yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

  1. Plafon Asbes

Asbes adalah salah satu bahan material yang sering digunakan sebagai plafon rumah sejak dahulu. Bahan material ini terbuat dari gabungan enam material silikat alam. Bentuk asbes mirip dengan triplek dan berbahan juga memiliki berat yang ringan. Menggunakan bahan material asbes memiliki banyak kelebihan seperti pemasangan mudah dan cepat, harga murah, dan tahan terhadap panas.

Namun menggunakan material asbes juga memiliki beberapa kekurangan seperti partikel asbes yang sangat halus. Namun, anda perlu hati hati karena jika partikel terhirup oleh karena akan menimbulkan beberapa penyakit. Sehingga anda harus hati hati saat menggunakan asbes sebagai bahan plafon. Kekuragan bahan asbes yang lain ialah mudah pecah ketika terkena benturan.

unsplash.com

  1. Paflon Triplek

Anda bisa menggunakan bahan triplek yang berukuran tebal 4mm untuk material plafon minimalis anda. Namun, banyak juga yang menjual plafon yang memiliki ketebalan 3 mm atau 2,5 mm. Untuk itu, penting bagi anda untuk pandai memilih ukuran paflon triplek. Ukuran rangka plafon triplek yang terbuat dari kayu kaiso normalnya berukuran 4/6 atau 5/7.

Perlu anda tahu kelebihan menggunakan bahan triplek adalah mudah dalam pemasanganya. Rangka kayu yang digunakan ini memiliki kekuatan tinggi, sehingga anda tidak perlu khawatir jebol. Selain itu, triplek ini juga memiliki bobot yang ringan, mudah di pasang dan juga tidak membutuhkan perbaikan yang rumit. Harga yang dibandrol pun lebih murah dan terjangkau oleh kantong anda.

  1. Plafon Gypsum

Bahan material ini merupakan bahan favorit yang digunakan oleh masyarakat. Hal ini karena gypsum sangat mudah untuk dipasang, hasil pemasangan yang rapi, memiliki kekuatan yang tinggi, dan memiliki lembaran gypsum yang berukuran 1,2 x 2,4 m dengan ketebalan 9mm. Bahan plafon gypsum sangat cocok digunakan  untuk bangunan rumah tempat tinggal, bangunan kantor, bangunan komersil dan bangunan lainya.

Kelemahan menggunakan bahan material gypsum adalah ketahanan terhadap air yang kurang, sehingga memungkinkan untuk terjadi kebocoran. Namun anda tidak perlu khawatir, pasalnya beberapa pabrik gypsum telah mengeluarkan bahan material yang memiliki sifat tahan air dan juga kelembapan. Sehingga rumah anda tidak takut mengalami kebocoran karena menggunakan gypsum yang anti air tersebut.

unsplash.com

  1. Plafon Kayu Lambersering

Papan kayu lambersering merupakan salah satu kayu yang cocok untuk plafon minimalis anda. Adapun jenis kayu yang cocok diguanakan untuk papan lembarsaring adalah kayu mamola. Jenis kayu ini merupakan kayu mamola adalah kayu yang memiliki sifat keras, berbobot ringan dan tidak mudah busuk jika terkena air. Tentunya kayu nomor wahid ini, sangat cocok untuk desain rumah minimalis anda.

Rumah yang menggnakan plafon kayu lambersering akan memberikan kesan yang artistik dan trendi. Hal ini mengingat kayu lembersering memiliki penampilan yang menarik untuk diaplikasikan sebagai elemen dekorasi rumah, kantor atau ruangan pribadi anda. Untuk melakukan pemasangan lambersering, memang dibutuhkan tenaga ahli khusus dan dipatok dengan harga yang relatif mahal.

  1. Plafon GRC

Anda bisa menggunakan kombinas plafon GRC dengan plafon Gypsum untuk menampilkan ruang yang apik. Plafon GRC sendiri merupakan salah satu saingan dari plafon berbahan gypsum. Bahan GRC mampu mengadopsi semua jenis gaya arsitektur, karena memiliki motif yang bagus dan unik. GRC sedndiri memiliki sifat yang tahan air dan api sehingga bagus untuk plafon rumah anda.

Bahan dasar dari material GRC adalah semen, sehingga plafon ini memiliki sifat yang keras. Namun anda harus berhati hati saat memotong plafon minimalis satu ini. Karena plafon GRC sendiri mudah retak/pecah. Kelemahan yang lainya adalah pemasangan yang tidak mudah sehingga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Anda akan menemukan plafon GRC di berbagai tempat.

  1. Plavon PVC

Plavon PVC adalah salah satu jenis plafon yang memiliki bobot yang sangat ringan. Banyak orang yang menggunakan plafon PVC karena memiliki sifat anti air dan api. Selain itu, plafon ini juga bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan pipa. Pemasangan PVC sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama karena sifatnya yang ringan.

Tak hanya cepat, plafon PVC juga memiliki desain yang elegan dan juga stylish, sehingga ruangan anda akan memiliki kesan berkelas. Plavon jenis ini juga masih dipbandrol dengan harga yang masih mahal di pasaran. Meskipun begitu, palfon ini memiliki sifat anti rayap, mudah dibersihkan, dan tidak mudah tersulut api.

unsplash.com

  1. Plafon Akustik

Keuntungan menggunakn plafon minimalis akustik adalah kedap suara terhadap sekitar sehingga sangat cocok untuk anda yang menyukai ketenangan. Anda bisa menggunakan plafon ini untuk ruangan auditorium, ruang rapat, ruang musik dan juga ruang lainya. Plafon jenis ini juga bisa dipasang pada bangunan yang menggunakan jenis rangka kayu atau bahan metal pabrikan.

Kelebihan lain menggunakan plafon ini ialah bobotnya yang ringan sehingga menghemat waktu pemasangan. Selain itu, plafon akustik juga mudah untuk diperbaiki dan pengerjaan yang relatif cepat. Namun, plafon ini juga memiliki kekurangan seperti tidak tahan air dan masih jarang dijumpai dipasaran.

  1. Plafon Eternit

Selain memiliki ukuran yang mungil, keunggulan plafon eternit adalah tahan api serta tahan air. Untuk pemasangan plafon minimalis ini menyesuaikan ukuran lembaran eternit dengan rangka yang sudah disiapkan. Anda juga harus berhati hati saat memasang bahan eternit ini karena bahan yang mudah rapuh dan retak.

Kelebihan lain menggunakan material eternit adalah mudah dijumpai di pasaran dan proses pengerjaan yang mudah. Sehingga anda tidak akan menemui kendala saat proses pemasangan. Selain itu, bahan yang ringan juga memudahkan untuk mengganti apabila terjadi kerusakan pada plafon.

Itulah beberapa macam bahan material yang bisa anda gunakan untuk paflon rumah anda. Beragam material tersebut sangat cocok untuk desain minimalis nan apik yang anda impikan. Anda bisa mengunjungi ruangarsitek.id untuk bisa menemukan beragam informasi unik mengenai arsitektur. Tentunya dengan desain yang trendi akan menjadikan rumah anda nyaman untuk ditinggali.