Poster Adalah? Berikut Penjalasannya!

Saat Anda sedang nongkrong di kafe, jalan-jalan di lorong kampus, atau sedang check up di rumah sakit, kemungkinan besar Anda melihat beberapa poster yang menempel di dinding. Atau mungkin Anda ‘pun mengoleksi poster di rumah? Jadi apa sich poster itu? Menurut Wikipedia, poster adalah kertas berukuran besar yang memiliki gambar. Pada umumnya, poster dipasang atau ditempelkan di dinding atau permukaan datar. Nah di bawah ini kami akan membahas secara gamblang apa itu poster. Yuk mari kita simak bersama di bawah ini!

Sejarah Poster

Poster merupakan salah satu media periklanan paling tua di muka bumi. Penggunaan kertas yang ditempelkan di dinding memang sudah dikenal ratusan abad silam. Namun penggunaan poster sebagai media komunikasi visual baru digunakan pada abad 18 dan menjadi media komunikasi visual utama pada abad 19 yang lalu. Pada abad ke 19, belum banyak orang yang bisa mencetak gambar pada permukaan poster, melainkan hanya berbentuk kata-kata atau tipografi.

Tipografi atau seni tata huruf ini digunakan untuk memudahkan orang-orang membaca informasi dari kejauhan. Nah sejak saat itu, poster mulai menyebar hingga ke pelosok-pelosok di seluruh dunia. Banyak seniman pada masa itu yang menggunakan poster sebagai media berkarya seperti Henry Van De Velde dan Henry Toulouse-Latrec.

Pada awal abad 19, poster digunakan untuk mempromosikan partai, mempromosikan produk, merekrut tentara, dan juga sebagai media propaganda. Hingga hari ini, poster ‘pun tetap menjadi media komunikasi yang sering digunakan untuk berbagai kepentingan. Meskipun hari ini kita bisa dengan mudah menemukan poster virtual di internet, namun kita ‘pun masih bisa menemukan dengan mudah poster di banyak tempat. Tak dapat dipungkiri setiap orang kini bisa make custom poster (seperti contoh di lsnconecall) dengan mudah, asal paham aplikasi desain seperti Photoshop atau CorelDraw.

unsplash.com

Jenis-jenis Poster

Pada dasarnya, poster digunakan untuk tujuan tertentu. Nah untuk lebih mudah menentukan tujuan pembuatan poster, kita ‘pun mesti mengetahui beberapa jenis poster di bawah ini!

  • Periklanan

Tak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali orang yang memanfaatkan poster sebagai media periklanan. Poster ini bisa ditemukan dengan mudah di banyak tempat. Biasanya poster digunakan untuk mengiklankan produk, event, atau jasa. Nah di era modern ini, poster biasanya berisikan gambar yang didesain dengan sangat rapi dan artistik. Selain itu biasanya poster ditempel di area yang selalu dilalui banyak orang seperti bundaran, alun-alun, mall, kampus, dan lainnya.

unsplash.com
  • Media Informasi

Jenis poster satu ini digunakan untuk menginformasikan sesuatu. Tak jarang pemerintah juga menggunakan poster untuk menginformasikan layanan publik atau larangan-larangan tertentu. Atau bisa juga poster digunakan untuk menyebarkan informasi yang lebih spesifik, misalnya pentingnya menjagar kelestarian alam, membuang sampah di tempatnya, informasi undang-undang, dan lainnya.

  • Subjek

Jenis poster subjek ini hampir sama dengan poster periklanan, namun dengan fungsi yang lebih spesifik. Poster subjek ini berusaha agar orang yang melihat poster fokus pada subjek yang ada didalam poster. Misalnya didalam poster terdapat gambar calon legislatif, maka diharapkan orang yang melihat poster bisa mengingat dengan jelas calon legislatif tersebut. Biasanya jenis poster satu ini digunakan untuk mempromosikan event atau tokoh penting.

  • Afirmasi

Anda mungkin pernah melihat poster yang didalamnya terdapat kata-kata bijak yang menginspirasi. Nah itulah yang dinamakan poster afirmasi! Ya, poster afirmasi ini berisikan kalimat-kalimat yang memotivasi dan biasanya juga menyertakan gambar-gambar pendukung. Sebagai contoh jika ada poster dengan kalimat ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ dengan gambar RA Kartini, maka itulah poster afirmasi.

unsplash.com
  • Propaganda

Jenis poster selanjutnya yaitu poster propaganda. Sesuai namanya, poster progapanda ini digunakan untuk tujuan propaganda atau penyebaran informasi berdasarkan kepentingan tertentu. Jenis poster satu ini sangat berkaitan erat dengan kampanye politik atau perang dagang. Itulah mengapa jenis poster satu ini sering dianggap negatif oleh banyak orang. Tak hanya berisikan kata-kata ajakan atau intimidasi, juga berisikan logo dan gambar pendukung.

Tentu jika dilihat dari fungsinya, poster ini tentunya sangat bermanfaat untuk orang banyak. Tanpa poster, orang-orang akan kesulitan untuk mengiklankan produk, menyebarkan informasi, dan lainnya. Khususnya untuk advertising, para pebisnis menjadikan poster ini sebagai media iklan utama karena biayanya yang murah dan efektifitasnya yang sangat tinggi. Nah demikianlah ulasan lengkep mengenai poster, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *