Tips Memilih Sari Kurma dan Cara Membuatnya

Pada saat bulan ramadhan kurma menjadi menu favorite untuk berbuka puasa bagi kebanyakan umat muslim. Dengan teksture yang lembut dan rasa manis itu membuat banyak orang menyukai buah dari negara Timur Tengah ini. Masyarakat Timur Tengah sendiri bahkan selama ribuan tahun mengonsumsi buah kurma sebagai makanan pokok mereka.

Dengan berbagai kandungan yang baik bagi tubuh tersebut, bahkan mengonsumsi kurma saat berbuka puasa merupakan sunnah rosul. Selain untuk dimakan langsung, buah kurma juga cocok untuk dijadikan berbagai macam olahan baik makanan maupun minuman. Dengan banyaknya kandungan zat yang baik bagi tubuh sehingga kurma juga kerap kali digunakan untuk obat – obatan ataupun sebagai kosmetik perawatan kecantikan.

Tips Memilih Sari Kurma

pexels.com

Banyak sekali produk sari kurma yang dijual dipasaran, karena produk olahan kurma yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Mungkin bagi kalian yang sedang mencari kurma ataupun produk olahannya bisa langsung cek pasarkurma.com, karena situs tersebut merupakan tempat jual kurma terbaik dan terlengkap.

Komposisi

Sebelum anda membeli sari kurma, perhatikan dengan detail komposisi dari sari kurma itu sendiri. Sari kurma yang bagus tidak akan pernah menggunakan bahan tambahan, misalnya saja pemanis buatan ataupun zat berbahaya lainnya. Karena buah kurma sendiri sudah mengandung zat glukosa yang mana memberikan rasa manis yang tentunya alami dan menyehatkan.

Teksture

Sari kurma palsu seringkali memiliki teksture yang sedikit encer, selain itu rasanya akan tertinggal pada lidah kita. Sedangkan sari kurma asli memiliki rasa manis yang lembut karena memang asli dibuat menggunakan buah kurma pilihan, sehingga selain enak tentunya banyak sekali manfaanya bagi kesehatan tubuh kita.

Cara Membuat Sari Kurma

Sari kurma sendiri memang sangat mudah kita dapatkan, karena sudah banyak yang menjualnya. Namun tidak jarang juga kita menemui oknum penjual nakal, alih – alih mendapatkan sari kurma yang asli yang menyehatkan untuk tubuh, malah sari kurma palsu yang kita dapatkan.

Untuk membuat sari kurma cukup mudah, sehingga kita bisa mencobanya sendiri dan yang pasti kita tidak akan ketipu oleh para oknum nakal yang tidak bertanggung jawab.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Buah kurma
  • Air

Catatan : Untuk takaran air mupun jumlah kurma yang dibutuhkan sesuaikan dengan selera.

Cara membuat :

Alat yang dibutuhkan untuk membuat sari kurma adahal panci, pertama masukan buah kurma dan tambahkan ari secukupnya lalu rebus hingga mendidih. Setelah air rebusan kurma mendidih dinginkan sebentar, lalu saring untuk memisahkan kurma dari sari kurma yang sudah jadi.

Manfaat Sari Kurma

pexels.com

1. Membantu persalinan

Hasil penelitian terbaru menunjukan bahwa dengan mengonsumsi buah kurma selama masa kehamilan akan mempermudah ketika masa persalinan nantinya. Buah kurma ini memiliki kandungan yang mampu atau berpengaruh untuk mengontrol laju gerak rahim dan bahkan menambah masa systolennya selama persalinan.

Bahkan ketika maryam sedang mengandung, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkannya untuk mengonsumsi buah kurma selama masa kehamilan. Selain buah kurma dapat mengenyangkan, buah kurma juga dapat bermanfaat untuk membantu kontraksi rahim menjadi lebih teratur yang membuat proses melahirkan menjadi lebih mudah.

2. Kandungan Glukosa

Buah dengan teksture lembut dan rasa manis yang alami ini memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Dengan adanya tingkat glukosa yang tinggi tersebut sehingga rosul sendiri mencontohkannya untuk menu berbuka puasa. Ketika kita memakan kurma, tubuh kita akan terasa lebih ringan dan segar sehingga lebih bertenaga untuk beribadah terlebih dahulu sebelum memakan makanan berat. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah kurma ini lah yang membuat kita merasa kenyang dan segar ketika mengonsumsi buah kurma.

Kandungan gula alami yang membuat buah kurma manis juga baik untuk mencegah penyakit diabetes. Gula alami atau zat glukosa ini dapat mengatur atau mengontrol kadar gula dalam darah kita, sehingga baik untuk mencegah penyakit diabetes tersebut.

3. Kesehatan Jantung

Kurma memiliki banyak sekali kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah vitamin dan kadungan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Zat magnesium yang ada pada kurma membantu untuk mengatur tekanan darah dan ada juga kalium yang cocok untuk menurunkan tekanan darah. Selain untuk mengatur tekanan darah, buah kurma itu sendiri juga mengandung banyak zat besi yang baik untuk mencegah penyakit anemia atau penyakit darah rendah.

4. Kecantikan

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh kita, buah kurma taupun sari kurma memiliki kandungan yang baik untuk merawat kulit, sehingga sering sekali buah kurma dijadikan sebagai bahan alat kosmetik.

Asam pantotenan yang ada pada buah kurma dapat menjaga kesehatan dan memperbaiki sel kulit yang rusak, karena zat tersebut akan mencegah radikal bebas yang merusak sel kulit kita.

Selain kandungan asam pantotenan yang merupakan kelompok vitamin B, buah kurma juga mengandung vitamin C yang baik untuk mencagah penuaan kulit. Sehingga dengan mengonsumsi banyak buah selain tubuh kita menjadi lebih sehat, wajah kita juga akan nampak awet muda dan tentunya lebih segar.