CARA SCREENSHOT DI LAPTOP UNTUK SEMUA MERK

Adanya sebuah inovasi terbaru dari sebuah teknologi dapat memudahkan seseorang untuk melakukan aktifitas pekerjaan yang lebih mudah, khusunya bagi mereka yang bekerja dan berkatifitas dengan banyak bersentuhan dengan sebuah perangkat computer. fungsionalitas computer banyak digantikan peranannya oleh sebuah perangkat yang lebih simple dan mungil, perangakat yang lebih kita kenal dengan sebutan laptop atau notebook.

Perbedaan di antara keduanya berada pada porsi fungsi dan kegunaannya. Notebook untuk beberapa aktivitas sederhana seperti mengetik, membuat dan mengerjakan dokumen presentasi atau pekerjaan hingga memutar file media hiburan. Sedangkan laptop memiliki spesifikasi hardware yang sifatnya jauh lebih kuat dibanding notebook, sehingga hampir semua aktifitas yang bisa dilakukan pada computer dapat dikerjakan pada sebuah laptop.

CARA MENGAMBIL DOKUMEN DARI LAPTOP

Dalam aktifitas sehari-hari terkadang kita harus mendapatkan sebuah dokumen atau file untuk memudahkan pekerjaan kita, hal tersebut bisa dengan mudah apabila dokumen yang dimaksud memang diperuntukkan untuk di uduh. Akan tetapi pada beberapa dokumen penting hanya diperlihatkan saja dan tidak bisa diunduh, maka dari itulah kita harus mengambil gambar dokumen agar bisa kita gunakan.

Cara mudahnya adalah dengan memfoto layar perangkat computer atau laptop kita, akan tetapi cara ini juga menghasilkan gambar yang buram atau kurang jelas. Fungsi capturelah sebenarnya cara yang paling tepat, fungsi capture, screenshot atau tangkapan layar akan menghasilkan gambar layar yang cenderung lebih berkualitas dari pada harus memfoto secara manual.

pexels.com

MENGGUNAKAN APLIKASI SNIPPING TOOL

Cara screenshot di laptop yang pertama  adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan software windows bernama snipping tool,  aplikasi ini dapat ditemukan pada menu aksesoris windows. Lebih mudahnya adalah tekan icon windows pada laptop kemudian lanjutkan dengan mengetikkan snipping toll pada kolom pencarian, klik kanan open atau double click icon tersebut agar aplikasinya terbuka.

Beberapa langkahnya adalah buka terlebih dahulu bidang yang akan di ambil gambarnya, kemudian lanjutkan dengan membuka snipping toll. Ketuk “new” untuk mulai mengambil bidang gambar, bidang gambar yang akan diambil bisa berupa persegi, tampilan full layar, hingga free form atau bidang bebas. Simpan gambar screenshot pada tempat yang kamu inginkan, kamu juga bisa menyimpan screenshot ini pada beberapa bentuk file foto, dengan beberapa pilihan seperti JPEG, GIF, PNG dan untuk versi web berupa file MHT.

KELEBIHAN

Snipping tool merupakan aplikasi bawaan windows yang memang diberikan untuk kebutuhan capture gambar pada layar, aplikasinya ringan dan tidak diibutuhkan penginstalan aplikasi karena memang sudah menjadi satu paket dalam windows. Aplikasi bawaan ini memiliki banyak form selection atau berbagai gerak cursor sesuai dengan bidang yang ingin diambil, tidak melulu kotak atau persegi. Penggunaannya juga relative mudah da simple, cukup mumpuni jika digunakan untuk aktifitas pengetikan, administrasial atau presentasi.

KEKURANGAN

Aplikasi ini memiliki beberapa kekurangan seperti wajarnya aplikasi bawaan editor gambar. Snipping toll tidak mampu melakukan multi tasking snap atau penyimpanan, jika ada beberapa gambar yang harus diambil maka harus dilakukan proses penyimpanan satu persatu. Selain itu tidak adanya fitur crop gambar, serta menyesuaikan hasil tangkapan sesuai pixel rasio atau ukuran gambar yang diinginkan.

pexels.com

MENGGUNAKAN SHORTCUT KEYBOARD

Selanjutnya cara yang kedua untuk mengambil tangkapan gambar adalah dengan menggunkan fitur yang sudah ada di keyboar laptop. Tombol tersebut bernama “print screen”, atau sebuah lain ”prt sc”, tombol ini akan ditemukan pada semua jenis perangkat, baik notebook, laptop maupun keyboar computer. Tombol ini berfungsi sebagai pengambil gambar dalam sebuah layar yang ditampilkan.

Cara screenshot di laptop adalah dengan menekan tombol “prt sc” kemudian di paste pada bidang yang diinginkan, baik berupa ms word, power point atau paint. Untuk kebutuhan lebih lanjutnya sebaiknya menyimpan gambar pada aplikasi paint, karena jika langsung di paste pada ms word dan power point maka gambar tersebut tidak lagi bisa di edit kecuali dilakukan proses crop atau memperbesar dan memperkecil ukuran gambar.

 KELEBIHAN

Kelebihan dari menggunakan fitur “prt sc” dengan paint adalah gambar yang ditangkap dapt disesuaikan terlebih dahulu, mulai dari ukurannya, bidang yang diinginkan, ukuran resolusi, penghapusan bidang hingga pewarnaan dan penambahan teks. Paint juga bisa menyimpan dalam berbagai jenis file, mulai dari PNG, JPEG, TIFF, GIF, dan Bitmap, fitur paint juga lebih lengkap jika dibandingkan dengan aplikasi snipping toll.

KEKURANGAN

Kekurangan dari menggunakan “print screen” atau paint ini adalah ada banyaknya aplikasi yang harus dibuka, sehingga akan sedikit memperberat kinerja RAM pada laptop. Seperti wajarnya aplikasi edit gambar yang bersifat bawaan adalah tidak selengkap fitur pada aplikasi editor gambar yang bukan bawaan, namun masih cukup mumpuni untuk aktifitas presentasi atau pekerjaan dasar administrasial dan bukan pekerjaan yang bersifat gambar desain.

Beberapa fitur aplikasi bawaan window tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama, namun tidak semua orang paham atau mengetahui hal ini. Di sisi lain, untuk laptop dengan RAM yang besar atau spesifikasi cukup tinggi tidak akan masalah jika diberkan aplikasi editor foto tambahan, berbeda jika pada laptop dengan kapasitas RAM kecil. Penambahan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop malah akan mengganggu kinerja bahkan merusaknya.

 

Leave a Comment