Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar

Setelah lulus pendidikan SMA atau kuliah, umumnya seseorang akan mencari pekerjaan di berbagai perusahaan. Namun mendapatkan pekerjaan saat ini tidak begitu gampang, banyak sekali saingan sedangkan pemberi kerja jumlahnya terbatas. Ini membuat peluang makin tipis.

Namun sebaiknya tetap optimis tidak putus asa dan terus berdoa, suatu saat pasti mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, jangan lupa menyiapkan dokumen dokumen persyaratan kerja. Karena dokumen ini juga sangat penting untuk menunjang lamaran kerja yang kita ajukan.

Perusahaan akan mempertimbangkan semua aspek dari calon karyawanya, termasuk memperhatikan kelengkapan dokumen persyaratan kerja juga kerapian dokumen tersebut.

Dengan dokumen lengkap, memang bukan jaminan pelamar kerja akan langsung diterima. Namun  perusahaan pemberi kerja pasti akan memberikan poin plus bagi pelamar yang dokumen lamaranya lengkap dan rapih.

Artikel kali ini membahas tentang surat lamaran kerja, yang merupakan salah satu dokumen wajib bagi pelamar kerja. Mungkin bagi sebagian orang sudah mengetahui pentingnya dokumen satu ini, beserta cara membuatnya.

Namun bagi pemula, kadang kadang masih mengalami kesulitan. Bagi pemula yang belum pernah membuat surat lamaran kerja, sebaiknya memperhatikan tata cara membuatnya secara baik dan benar. Berikut ini tipsnya dilengkapi dengan contoh surat lamaran kerja.

stocksnap.io

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Sesuai Dengan Aturan Penulisan Yang Tepat

Untuk membuat surat lamaran kerja dengan struktur dan aturan penulisan yang benar, berikut ini tips yang bisa dipahami :

  • Gunakan bahasa yang baik : Buatlah surat lamaran kerja menggunakan bahasa yang baik, dalam hal ini menggunakan bahasa Indonesia. Pilih bahasa Indonesia formal atau resmi dengan ketentuan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD).
  • Gunakan bahasa Santun : Selain formal, bahasa yang digunakan juga harus menjaga kesopan santunan. Jangan menggunakan bahasa daerah yang atau bahasa yang sifatnya tidak resmi seperti bahasa gaul.
  • Ditulis Tangan : Sebaiknya, surat lamaran pekerjaan ditulis tangan di kertas. Tulisan tangan biasanya dianjurkan karena perusahaan juga akan melihat karakter pelamar kerja melalui tulisan tangan yang dibuat. Maka, tulislah secara rapi. Jangan ada kesalahan tanda baca, typo maupun kata bertele tele. Tulisan harus rapih dan seinformatif mungkin. Meski demikian, ada juga perusahaan yang tidak mewajibkan surat lamaran ditulis tangan, melainkan diketik dengan komputer.

Format Tulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar

Setelah mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, langkah selanjutnya tinggal menulisnya. Jika menulis lamaran dengan tulisan tangan maka harus mengikuti format surat lamaran kerja sebagai berikut :

  1. Menggunakan pulpen dengan tinta warna hitam dan menulis pada kertas Folio bergaris.
  2. Tulislah serapi mungkin, kertas jangan sampai lecek.

Format penulisan Surat lamaran setidaknya berisi :

  • Tempat dan tanggal penulisan lamaran
  • Alamat perusahaan yang akan dituju
  • Pekerjaan yang akan dilamar
  • Salam hormat
  • Kata Pengantar,
  • Biodata pribadi
  • Pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki pelamar kerja.

stocksnap.io

Contoh Format Penulisan Lamaran Kerja

Nah itulah contoh format yang harus diperhatikan saat membuat lamaran kerja. Untuk lebih jelas, simak contoh surat lamaran kerja berikut ini :

Contoh Lamaran Kerja di Bank

Jakarta, 19 November 2019

Kepada YTH.

HRD. Bank BCA Cabang Purwokerto

Di Jalan Pemuda No 001 Purwokerto

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang ada pada situs resmi dari di BANK BCA. Saya berniat untuk melamar pekerjaan sebagai CS di Bank BCA Purwokerto.

Berikut data singkat saya:

Nama :  Annisa Pohan

Tempat/Tanggal Lahir : (pelamar) Purwokerto, 24 Februari 1991

Alamat : Jl. Dusun Kecil No.007, Kebon Agung, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah

No. Hand phone : 0812 3467 9017

Status : Lajang

Pendidikan Terakhir : Strata satu

Saya memiliki keinginan untuk mengajukan permohonan pada posisi Customer Service. Dan saya melampirkan beberapa dokumen untuk bahan pertimbangan Bapak/Ibu pemilik dan HRD.

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. 2. Foto copy ijazah S-1
  3. 3. Foto copy Transkrip Nilai
  4. 4. Pass foto 4 x 6 terbaru
  5. 5. Foto copy KTP

Demikianlah surat lamaran untuk persyaratan melamar perkerjaan saya buat. Besar harapan saya untuk bisa dipanggil interview selanjutnya untuk siap bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini. Atas perhatiannya telah meluangkan waktu membaca surat lamaran kerja ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya

 

(Annisa Pohan)

stocksnap.io

Contoh Lamaran Kerja Teknisi

 

Surakarta, 15 November 2019

 

Kepada Yth :

INDRIA TEHNIK SEJAHTERA

Jl. Solo – Puwodadi Km 16 No.101

 

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini saya :

 

Nama : Indra Sutiono

Tempat, tanggal lahir : Jogja, 05 April 1989

Pendidikan : S1

Alamat : Ciberem, RT.02 / RW.03 Banjarsari Kidul, Sokaraja

Telepon : 085877892595

 

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai Teknisi Mesin. Sebagai bahan pertimbangan surat lamaran kerja yang saya buat telah dilampirkan :

  1. Pas Foto
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah

Demikian surat lamaran kerja saya buat untuk bisa bekerja sebagai Teknisi Mesin yang handal. besar harapan saya untuk dapat diterima menjadi salah satu karyawan baru di Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin saat ini. Atas perhatiannya telah meluangkan waktu membaca lamaran kerja ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

Indra Sutiono

Nah itulah tadi beberapa tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar dengan disertai contohnya. Mudah bukan?  Dengan surat lamaran kerja rapih dan bagus, akan menambah nilai plus pelamar kerja yang sedang melamar diperusahaan dan peluang lamaranya diterima makin terbuka. Oiya jangan lupa ya. Saat mengirim surat lamaran kerja juga dilengkapi dengan dokumen lain seperti PAS Foto, fotokopi ijazah, transkip nilai , sertipikat jika ada dan dokumen pendukung lain.