Mempelajari Tafsir Surat Yasin

Surat Yasin merupakan salah satu surat yang diturunkan pada saat sebelum Hijrah sehingga surat tersebut disebut dengan surat Makkiyah. Surat Makkiyah merupakan sebuah surat yang disampaikan untuk orang – orang kafir pada masanya. Sehingga nada membaca surat tersebut lebih fasih. Berbeda dengan surat Madaniyyah yang diturunkan setelah Hijrah memiliki gaya penyampaian yang lembut. Surat Madaniyyah merupakan sebuah surat yang disampaikan kepada orang beriman. Sebagai seorang muslim tentu saja tafsir Surat Yasin menjadi hal yang penting dipelajari untuk meningkatkan keimanan kita terhadap Allah SWT.

Apa Saja Makna dari Surat Yasin?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Surat Yasin merupakan sebuah surat yang disampaikan kepada orang – orang kafir. Pada saat itu terjadi penolakan masyarakat Mekkah terhadap ajaran Islam. Seluruh penduduk menolak pendakwah yang datang kesana. Namun pada akhirnya datanglah seseorang yang beriman dan membela para pendakwah. Tidak tanggung – tanggung pada saat itu orang yang membela pendakwah dan ajaran Islam maka akan dibunuh oleh penduduk Mekkah. Keberanian seorang yang beriman tersebut sering disebut dengan jihad yaitu membela kebenaran. Selain itu seseorang yang sedang berjihad dan meninggal maka sesungguhnya ia telah meninggal di jalan Allah dan akan mendapatkan syafa’at serta jaminan surga.

pixabay.com

Surat tersebut juga mengandung seruan Allah mengenai kebenaran seorang rasul yang diutusNya yaitu Nabi Muhammad SAW. Sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa ajaran yang di berikan oleh Muhammad SAW merupakan sebuah ajaran yang benar. Termasuk di dalamnya yaitu ajaran mengenai larangan penyembahan selain Allah. Mengingat penyembahan selain Allah baik syaithan maupun benda lainnya termasuk musrik. Larangan tersebut jelas adanya dan telah dituangkan dalan surat tersebut. Kekuasaan Allah lainnya yang disampaikan dalam surat ini adalah adanya hari kebangkitan dan bagi mereka yang beriman akan mendapatkan surgaNya. Hari kebangkitan merupakan sebuah hari saat seseorang yang telah meninggal akan dibangkitkan dari kuburnya dan jika ia beriman maka akan hidup abadi di dalam surga. Kehidupan yang kekal di dalam surgaNya merupakan sebuah cita – cita semua orang Islam yang ada di dunia ini.

pixabay.com

Tafsir Surat Yasin juga memberikan pelajaran bagi manusia mengenai kekuasaan Allah SWT yang telah menciptakan bumi dan isinya serta membuat semua berjalan secara baik – baik saja. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa bisa saja matahari tidak menyinari bumi, dan planet – planet tidak berputar sesuai dengan garis orbitnya. Namun semua itu berjalan dengan baik tidak lain hanya karena kekuasaan Allah. Dengan begitu surat ini memberikan informasi kepada umat manusia mengenai kekuasaanNya dan agar senantiasa bersyukur dengan segala karuniaNya. Selain itu surat ini juga menjelaskan mengenai manusia yang akan tumbuh dewasa hingga saat tua nanti akan menjadi seperti bayi lagi. Sungguh hal tersebut merupakan tanda – tanda kekuasaan Allah.

Dengan diciptakannya manusia dari bayi hingga menua dan seperti bayi lagi yang tidak mengetahui apapun serta tidak bisa melakukan apapun membuat seseorang harus selalu ingat terhadap kematian. Surat tersebut juga memberikan pelajaran bagi umat muslim untuk senantiasa mengingat pada kematian. Karena sesungguhnya semua makhluk ciptaan Allah nantinya akan kembali lagi kepadaNya. Sehingga surat ini memberikan peringatan kepada umat muslim mengenai kematian agar ia mampu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

pixabay.com

Bagaimana Surat Yasin Menjadi Sangat Istimewa?

Surat Yasin yang menyatakan berbagai hal mengenai kehidupan membuat surat ini begitu istimewa. Surat yang terdiri dari 83 ayat ini memiliki pesan yang sangat mudah untuk di pelajari oleh umat manusia. Surat yang menyampaikan pesan berupa makhluk Allah baik syaithan, malaikat, maupun manusia yang semuanya memiliki peran masing – masing. Surat ini menyampaikan bahwa terdapat makhluk Allah yang sangat setia dengan tugas – tugasnya yaitu Malaikat. Sementara itu surat ini juga menyampaikan mengenai makhluknya yang selalu mengganggu umat manusia dan akan menjerumuskannya pada neraka Allah yaitu syaithan.

Bahkan surat tersebut juga menyampaikan mengenai ilmu yang bisa dilakukan untuk kehidupan sehari – hari. Selain itu surat tersebut juga menjelaskan mengenai kisah – kisah nabi dan kekuasanNya. Umat manusia juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai kehidupan yang kekal berupa surga dan neraka. Surat tersebut menyampaikan mengenai kehidupan di dunia yang hanya sementara dan nantinya manusia akan meninggal serta hidup kekal di surga ataupun nerakaNya. Dengan mengetahui kehidupan tersebut seorang muslim bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berbagai tanda – tanda kekuasaan Allah mengenai dunia ini juga turut dijelaskan dalam surat tersebut. Banyak sekali pelajaran kehidupan yang bisa di pelajari di dalam surat tersebut. Begitu istimewanya surat tersebut hingga saat ini banyak sekali terbitan buku Yasin yang sering di gunakan oleh umat Islam dalam acara tertentu. Seringkali umat Islam membaca surat tersebut secara bersama – sama dalam acara tertentu seperti pengajian, setiap malam Jum’at, mempertingati hari kematian seorang umat Islam, dan masih banyak lagi acara lainnya. Dengan mempelajari tafsir surat yasin pasti seseorang akan mengetahui betapa istimewanya surat ini. Selain itu keimananya kepada Allah SWT juga pasti akan semakin bertambah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *