Tempat Berakhirnya Aliran Sungai Di Laut

Sebagai sebuah planet, permukaan bumi terdiri dari dua unsur yaitu daratan dan perairan. Dari kedua unsur tersebut perairan merupakan bagian terbesar yang ada di bumi sehingga tidak heran apabila terdapat berbagai macam jenis perairan yang bisa dijumpai di planet bumi. Salah satu jenis perairan yang ada di bumi di sebut dengan air permukaan.

Jenis Air Permukaan

air permukaan merupakan jenis air yang berkumpul dan terletak di atas tanah. Beberapa contoh air permukaan diantaranya seperti air sungai, danau dan laut. Air permukaan sendiri digolongkan lagi menjadi dua jenis yaitu perairan darat yang terdiri dari aliran sungai, rawa dan danau, yang kedua perairan laut yaitu air yang ada di lautan.

air permukaan biasanya bersumber dari air hujan, gletser yang meleleh, atau mata air yang mengalir dari dataran tinggi dan berakhir menuju dataran rendah. Salah satu contohnya yaitu adalah aliran sungai yang biasanya bersumber dari mata air dan akan berakhir menuju satu titik yaitu laut. Sehingga bisa dikatakan bahwa aliran sungai dan laut itu saling berkaitan satu sama lain.

Faktor Yang Membuat Air Laut Menjadi Asin

Seperti yang telah di sampaikan di awal bahwa antara sungai dan laut keduanya saling berhubungan. Lokasi pertemuan antara kedua aliran tersebur biasanya di sebuat muara. Muara sendiri merupakan lokasi atau tempat berakhirnya aliran sungai di laut. Mungkin banyak diantara kamu semua yang bertanya tanya mengapa air laut itu rasanya asin. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kadar garam air laut.

  1. Curah hujan menjadi pengaruh terbesar dari kadar garam di laut. Semakin tinggi curah hujan pada suatu daerah di lautan maka akan membuat kadar garam semakin menurun, itu dikarenakan air hujan mengencerkan air laut.
  2. Penguapan juga menjadi faktor kadar garam di laut, semakin tinggi penguapan atau evaporasi di laut maka akan semakin tinggi kandungan garamnya.
  3. Aliran sungai juga menjadi faktor penentu kadar garam di lautan. Karena semakin banyak aliran sungai yang mengarah dan bermuara di laut maka akan membuat tingkat salinitas air laut meningkat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *