Pengertian Warna Peach dan Perannya Dalam Trend di Dunia

Warna peach merupakan salah satu warna yang paling populer dan menjadi favorit banyak orang. Anda juga pasti sudah tahu dan sering melihat warna ini dalam berbagai bentuk. Namun sudah, kah Anda memahami apa itu peach?

Dari sekian banyak warna, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis warna pastel. Peach ini sendiri termasuk warna pastel yang banyak digemari karena warnanya yang terlihat cerah namun tetap memberi kesan lembut. Pemanfaatan warna ini dalam dunia desain dan fashion di dunia bahkan tidak ada matinya.

Apa Itu Warna Peach?

Peach adalah warna pucat yang diambil dari bagian buah peach, yakni yang terletak di bagian sisi luar dari isi buah peach. Jika dilihat dengan seksama, warna ini hampir sama seperti warna merah muda namun sedikit berwarna kekuningan. Warna ini dapat juga dikatakan masuk dalam turunan kelompok warna orange karena peach ini terbentuk dari kuning dan merah. Namun sejatinya, warna ini merupakan warna yang termasuk dalam kategori jenis warna pastel atau warna yang cerah.

Di Indonesia sendiri, warna ini memiliki makna sebagai warna buah persik, sementara di Roma dikenal dengan sebutan Apel Persia. Bahkan di Cina, warna ini adalah warna yang melambangkan keabadian dan buahnya dimakan oleh orang-orang tertentu untuk mendapatkan umur panjang. Sedangkan dalam bahasa Malaysia atau melayu, warna yang satu ini memiliki sebutan PIC atau prunus persica.

pxhere.com

Arti Warna Peach

Jika dibandingkan dengan warna orange yang cenderung terlihat deep, peach akan lebih terang dan terkesan cukup soft. Karena itulah banyak orang mengartikan bahwa warna ini menggambarkan sebuah perhatian, energi, antusiasme dan flamboyan. Namun ada juga sebagian orang yang menggangap bahwa warna ini mampu membuat suasana lebih ceria dan cerah. Sehingga menandakan sebuah keceriaan, keramahan dan keterbukaan. Namun sebenarnya tergantung dengan si pemakaianya.

Selain itu, karena warna ini tergolong warna cerah maka dapat juga diartikan bahwa warna peach adalah warna yang dapat memberikan kesan elegan yang manis dan nyaman. Oleh sebab itu, warna yang satu ini banyak diaplikasikan pada desain grafis, interior rumah ataupun style fashion yang manis namun kuat.

Contoh Warna Peach

Jika dilihat dari sisi bagian luar buah persik, ada beberapa warna yang bisa dikatakan peach. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa warna ini mempunyai dua jenis tone yang dihasilkan dengan perbedaan tingkat kecerahan pada keduanya. Adapun warna tersebut ialah Peach Puff dan Peach Crayola. Peach Puff adalah jenis peach muda yang memiliki tingkat kecerahan lebih terang. Sementara Peach Crayola adalah peach yang lebih tua dari jenis sebelumnya dan sedikit lebih gelap.

Tidak hanya 2 jenis peach yang telah disebutkan, kita sebenarnya juga bisa menciptakan warna peach lainnya dengan tingkat kecerahan berbeda. Pasalnya dalam menciptakan warna, kurang atau lebihnya campuran warnanya walaupun hanya sedikit pasti akan menghasilkan warna yang berbeda. Nah, selama perbedaan warna yang dihasilkan tidak begitu jauh maka masih bisa disebut dengan peach. Anda juga bisa menemukan jenis peach lainnya dengan ide warna di scantegrity.

pxhere.com

Peran Warna Peach Di Dunia Desain

Dalam dunia desain kita tentu tidak akan pernah lepas dari yang namanya warna. Sebab warna adalah hal yang akan menciptakan nuansa pada desain itu sendiri. Jika tidak ada warna di dalamnya maka desain tidak akan dapat membuat kesan hidup. Oleh karena itu, peran warna dalam dunia desain menjadi sangat penting. Termasuk juga peach yang banyak digemari para desainer, mulai dari desainer grafis hingga rumah.

Ketika menggunakan peach untuk desain, memadukannya dengan warna lainnya akan menambah kesan yang lebih hidup. Misalnya saja kombinasi warna emas dan peach untuk kesan mewah atau biru pastel yang terkesan lebih tenang. Hal ini bertujuan agar ada keseimbangan yang tersampaikan di dalamnya.

Trend Warna Peach Di Dunia Fashion

Dalam dunia fashion, warna ini sudah sangat populer untuk jenis item fashion apapun, mulai dari pakaian, hijab, sepatu, tas hingga aksesoris lainnya. Penggunaan warna ini dinilai sangat cocok untuk memberikan kesan manis pada penampilan. Terutama bagi wanita, warna ini sangatlah feminim dan anggun. Sementara pada fashion pria, warna ini memberi kesan lembut dan perhatian yang tetap keren.

Adapun warna-warna lain yang akan cocok dipadukan dengan warna peach antara lain adalah pink, kuning muda, hijau daun, biru muda, tosca, violet cerah, warna coral dan masih banyak lainnya. Pada intinya, gunakan warna sesuai pertimbangan yang ada untuk menghasilkan perpaduan peach yang lebih menarik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *